Breaking News:

Demo Tolak DOB Papua

Warga Kabupaten Jayapura Diminta Jangan Terprovokasi Aksi Tolak DOB dan Otsus Papua

Di lingkungan saya jangan ada ruang untuk hal-hal itu, sebab tidak ada ruang yang dipakai untuk hal-hal yang tak bermanfaat

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
JANGAN TERPROVOKASI - Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclariboen mengimbau, masyarakat Kabupaten Jayapura tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan tidak terprovokasi rencana demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi khusus (Otsus) Jilid 2 di Provinsi Papua, Jumat (29/7/2022) besok. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Warga di Kabupaten Jayapura diminta tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan tidak terprovokasi terkait rencana aksi demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid 2 di Provinsi Papua, Jumat (29/7/2022) besok. 

Polres Jayapura Beri Bantuan Bibit Ayam dan Alat Olahraga ke Tokoh Pemuda di Sentani

Hal itu dikatakan Kapolres Kabupaten Jayapura, AKBP Fredrickus Maclariboen kepada awak media di Sentani, Kamis (28/7/2022). Dia berharap agar masyarakat tidak ikut-ikutan dalam aksi yang tak jelas.

“Di lingkungan saya jangan ada ruang untuk hal-hal itu, sebab tidak ada ruang yang dipakai untuk hal-hal yang tak bermanfaat," kata Fredrickus. 

Sementara untuk pengamanan aksi pada Jumat (29/7/2022) besok, Fredrickus mengatakan pihaknya bakal melakukan patroli seperti biasanya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Jayapura. 

Polres Jayapura Siagakan 600 Personel Amankan Aksi Demo Tolak DOB dan Otsus di Sentani Papua

Dikatakannya, kegiatan Kepolisian itu seperti menyiagakan personel, dan patroli, sambil memantau aktivitas dari rencana aksi tersebut. 

"Kami akan meminta bantuan Polda Papua dan TNI untuk membackup pengamanan. Tetapi itu tergantung kondisi juga. Intinya tidak jauh beda dari pengamanan sebelumnya," ujarnya. 

Sekedar diketahui, untuk menjaga Kamtibmas di Bumi Kenambai-Umbai tetap aman saat aksi penolakan DOB dan Otsus Papua pada Kamis (14/7/2022) lalu, Polres Jayapura menyiagakan sekitar 600 personel di kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

Baca juga: Meriahkan HUT Ke-76 Bhayangkara, Polres Jayapura Gelar Lomba Dayung Tradisional di Khalkote

Ratusan personel disiagakan saat itu untuk mengantisipasi unjuk rasa sekelompok masyarakat yang menolak DOB dan Otsus Papua. 

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W A Maclarimboen mengatakan, 600 personel itu siaga di kawasan Sentani, seiring surat dari Petisi Rakyat Papua (PRP) yang menggelar demonstrasi di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Jayapura

Sejumlah titik di Kabupaten Jayapura, menurut Kapolres AKBP Frederickus yang akan dijaga yaitu BTN Sosial, BTN Matoa, Pos 7, dan di depan Makam Theys Eluay. 

Keramba Mujair Antoneta Ohee di Danau Sentani Sukses Panen Pertama, Polres Jayapura: Persiapan KMAN

AKBP Frederickus mengatakan, setiap titik tersebut pihaknya menurunkan 30 personel. Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan selebaran dan isu yang beredar. 

Pantauan Tribun-Papua.com, aktivitas masyarakat dan arus lalu lintas saat ini depan Makam Theys Eluay di Sentani, Distrik Sentani Kota, hingga saat ini berjalan berjalan cukup lancar dan kondusif. 

Personel kepolisian dari Polres Jayapura nampak berjaga-jaga di depan Makam Theys Eluay dan perempatan Bandar Udara Sentani. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved