Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke VI

Kampung Hobong Optimalkan Bukit Banjibey Jadi Andalan Wisata saat KMAN Ke-VI

Tempat wisata yang akan kami kelola adalah bukit Banjibey. Dari bukit ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan Danau Sentani

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
POTENSI WISATA – Sekretaris Kampung Hobong, Brusley Sokoy akan mengoptimalkan Bukit Banjibey sebagai destinasi wisata untuk para peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI nanti. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menyambut dan menyukseskan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI pada 24-29 Oktober 2022 mendatang, seluruh kampung di Kabupaten Jayapura mulai menyiapkan berbagai keunggulan wisata mereka. 

Panitia Pusat Optimistis KMAN Ke-VI Sukses usai Temui Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw

Salah satunya Kampung Hobong yang berada di Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Warga di kampung tersebut memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan ekonomi kampung melalui potensi wisata yakni Bukit Banjibey.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kampung Hobong, Brusley Sokoy kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (29/7/2022).

"Tempat wisata yang akan kami kelola adalah bukit Banjibey. Dari bukit ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan Danau Sentani," kata Brusley kepada Tribun-Papua.com, di Sentani.

Dinkes Kabupaten Jayapura Terjunkan 12 Tim Kesehatan Kawal Peserta KMAN Ke-VI   

Pihaknya bakal bekerjasama dengan pemilik hak ulayat untuk membangun homestay, yang bisa disewakan kepada para tamu KMAN nantinya.

Terkait respons masyarakat Hobong atas pelaksanaan KMAN, menurut Brusley mereka sangat antusias untuk menyambut pergelaran kongres tersebut.

"Masyarakat kampung siap menyukseskan pergelaran KMAN Ke-VI ini, dan sebagai dukungan, saat ini mereka juga ikut membantu dengan sukarela dalam kegiatan pembangunan rumah penginapan untuk para tamu di Kampung Hobong," ujarnya. 

Disperindag Kabupaten Jayapura Bangun 25 Lapak Untuk Meriahkan KMAN Ke-VI

Sekadar diketahui, saat ini Kampung Hobong mempunyai salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di kalangan warga Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura yang bernama Bukit Banjibey

Bukit yang terletak ditengah Kota Sentani ini, sering digunakan wisatawan lokal dari Kota Jayapura dan di Kabupaten Jayapura untuk melakukan aktivitas berkemping.

Dari bukit tersebut, pengunjung dapat menikmati Sunset sebelum matahari tenggelam dan Sunrise saat pagi hari, serta dapat melihat Gunung Cycloop yang kerap diselimuti kabut pagi. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved