Papua Terkini

Pertumbuhan Ekonomi Papua Semester I Tahun 2022 Alami Peningkatan Sebesar 13,3 Persen

Kinerja APBN di wilayah Papua pada semester I tahun 2022 mampu menjaga fundamental perekonomian regional di tengah lonjakan harga komoditas

Penulis: Stella Lauw | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
JUMPA PERS - Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua Burhani A S memaparkan APBN Torang dan Asset-Liability Committee (ALCo) Regional Papua pada semester I tahun 2022 di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura, Jumat (29/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Stella Lauw. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua, Burhani AS memaparkan APBN Torang dan Asset-Liability Committee (ALCo) Regional Papua pada semester I tahun 2022 ini sangat bagus.

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Lahan Seluas 83,62 Hektar Dibuka untuk Ladang Jagung di Sentani

Hal itu disampaikan dalam jumpa pers yang digelar di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Kota Jayapura, Jumat (29/7/2022), yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada publik mengenai pelaksanaan APBN dan ALCo di Provinsi Papua pada semester pertama tahun 2022.

"Perkembangan ekonomi secara regional, baik kinerja APBN di wilayah Papua pada semester I tahun 2022 mampu menjaga fundamental perekonomian regional di tengah lonjakan harga komoditas," katanya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan I tahun 2022, dibandingkan triwulan I tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 13,33 persen. 

Kabar Gembira, UMKM Papua Berpeluang Masuk Pasar Ekonomi Digital

Hal ini didorong karena perekonomian yang berangsur pulih, serta meningkatnya sebagian besar lapangan usaha.

Kontribusi besar diberikan dari lapangan usaha yang bergerak di bidang pertambangan dan penggalian, yang mengalami pertumbuhan sebesar 25,16 persen.

Burhani menambahkan, dari sisi fiskal, APBN menunjukan kinerja yang positif dengan pertumbuhan pendapatan dan belanja negara sampai dengan 30 Juni 2022.

Rusia Sesumbar, Sebut G20 Tak Mungkin Pecahkan Masalah Ekonomi Global Tanpa Kehadiran Putin

Pendapatan negara untuk Provinsi Papua tercatat terealisasi sebesar Rp 6 miliar lebih atau 76,12 persen dari pagu anggaran. 

Realisasi pendapatan tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 2 miliar lebih dibandingkan periode yang sama tahun 2021 atau tumbuh sebesar 48,97 persen. 

sedangkan dari sisi PNBP, kenaikan realisasi bea lelang penjual dan bea lelang pembeli berkontribusi pada peningkatan realisasi PNBP.

Ali Kabiay Ajak Pemuda Berpikir Ekonomi untuk Majukan Papua, DOB Banyak Peluang

Ia menambahkan, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi regional dan ketahanan nasional, pemberdayaan UMKM melalui dukungan finansial terus dilakukan oleh pemerintah yang tampak dari penyaluran kredit bagi UMKM baik dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Kredit Ultra Mikro (UMi). 

Ia juga menjelaskan Current Issue Regional yaitu pengaruh kenaikan Tarif PPN dan PPH Jasa Konstruksi di Regional Papua dan Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik. 

SETOP URUS POLITIK! Kementerian Sektor Ekonomi Diminta Fokus Kontrol Harga Bahan Pokok

"Realisasi PPN pada tahun 2022 menunjukkan pertumbuhan yang positif sejak April 2022. secara akumulasi, realisasi PPN sampai dengan Juni 2022 adalah Rp 614,28 miliar atau mengalami pertumbuhan sebesar 15,82 persen. Tren bea Keluar kedepan akan menurun, adanya kebijakan pembangunan smelter PT Freeport di Jawa Timur akan menyebabkan terjadinya penyesuaian tarif bea keluar," urainya.

Sedangkan sektor yang lain termasuk UMKM kontribusinya belum optimal. Penguatan sinergi Kemenkeu One akan dilakukan dalam upaya pemberdayaan UMKM terutama kepada UMKM yang berpotensi melakukan ekspor agar mampu memberikan kontribusi signifikan pada sisi pendapatan khususnya bea keluar yang selama ini didominasi oleh PT Freeport. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved