Pemekaran Papua

Wamendagri Tentukan Tuan Rumah Peresmian 3 Provinsi dan Penjabat Gubernur DOB di Papua

Antusias sambutan masyarakat akan menentukan. Oleh karena itu, tim akan melakukan evaluasi daerah mana yang paling siap

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PROVINSI BARU – Wamendagri, John Wempi Wetipo bersama Anggota DPR RI Fraksi Partai PDIP Dapil Papua Komarudin Watubun, Asisten II Sekda Provinsi Papua Muhammad Musa'ad, Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Forkopimda di auditorium kantor Bupati Merauke, Provinsi Papua, Jumat (29/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengevaluasi penentuan tempat yang akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka peresmian secara simbolis 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua. 

Tiga Provinsi Baru di Papua akan Diisi 3.000 ASN, Wamendagri: Secepatnya!

Selain peresmian 3 Daerah Otonomi Baru (DOB), Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melantik 3 Penjabat (pj) Gubernur untuk Provinsi Papua Selatan (PPS), Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Pegunungan Tengah. 

"Setelah dari Merauke, kami akan evaluasi untuk menentukan lokasi bisa menghadirkan bapak presiden untuk peresmian 3 provinsi sekaligus 3 Penjabat Gubernur DOB di Papua," ungkap Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo kepada wartawan di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Jumat (29/7/2022).

Wamendagri JWW di Merauke, Tinjau Persiapan Peresmian Provinsi Papua Selatan 

Menurutnya, jika Merauke siap menjadi tuan rumah peresmian secara simbolis untuk 3 DOB di Papua kemungkinan bisa dipilih. 

Demikian halnya Nabire, Ibu Kota DOB Provinsi Papua Tengah dan Wamena Ibu Kota Provinsi Pegunungan Tengah jika siap menjadi tuan rumah, juga bisa diusulkan untuk dibahas lebih intensif. 

Ketiga daerah yang sudah dikunjungi Wamendagri beserta rombongan tersebut akan dievaluasi di tingkat pusat. 

Wamendagri: Tolak DOB di Papua adalah Orang yang Gagal Fokus!

"Antusias sambutan masyarakat akan menentukan. Oleh karena itu, tim akan melakukan evaluasi daerah mana yang paling siap," tegas John Wempi Wetipo

Dia menjelaskan, kunjungannya ke 3 DOB di Papua kali ini mewakili Presiden RI, Jokowi dalam hal ini Mendagri untuk membawa kabar baik bahwa pemekaran provinsi di Papua demi kesejahteraan rakyat di Tanah Papua. 

Wamendagri, John Wempi Wetipo Berharap DOB Papua Pegunungan Pacu Kesejahteraan Masyarakat

"Tim Depdagri dengan Komisi IV DPR RI datang lebih awal supaya kerja lebih cepat untuk mengangkat harkat martabat Orang asli Papua (OAP). Artinya ini DOB lebih cepat jalan," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved