Pemekaran Papua

Ini Jumlah Kursi DPR RI di 3 Provinsi Pemekaran Baru Papua pada Pemilu 2024

Masing-masing provinsi mendapatkan jatah 3 kursi untuk DPR RI. Jadi, ada 12 kursi DPR RI dari tanah Papua.

Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Wamendagri John Wempi Wetipo didampingi Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun dan Asisten II Sekda Provinsi Papua Muhammad Musa'ad menyaksikan penandatanganan dokumen oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Bupati Asmat Elisa Kambu, Pj Bupati Mappi Michael Rooney Gomar, dan Sekda Boven Digoel di auditorium kantor Bupati Merauke, Jumat (29/7/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Pemerintah memberikan ruang politik yang besar untuk Provinsi Papua induk dan pemekaran 3 provinsi baru di Papua.

Tiga provinsi baru di antaranya, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah ini akan ikut dalam pemilihan umum (pemilu) legislatif 14 Februari 2024 mendatang. 

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo dalam sosialisasi Undang-undang tentang pembentukan Provinsi Papua Selatan di Merauke, mengatakan, ada tambahan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari 3 DOB di Papua. 

Baca juga: Tiga Provinsi Baru di Papua akan Diisi 3.000 ASN, Wamendagri: Secepatnya!

"Kalau selama ini kita bertarung dalam wilayah Papua yang satu. Sekarang bertambah dari masing-masing provinsi baik Papua induk, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah," tuturnya di Merauke, Jumat (29/7/2022).

Wamendagri menjelaskan, saat pemilu 2019 di Papua hanya ada satu daerah pemilihan (dapil) untuk 10 kursi di DPR RI

Namun pemilu 2024, Papua induk mendapat jatah 3 kursi DPR RI.

Kemudian, Papua Selatan mendapat 3 kursi DPR RI, Papua Tengah mendapat 3 kursi dan Papua Pegunungan Tengah mendapat 3 kursi DPR RI

"Masing-masing mendapatkan jatah 3 kursi untuk DPR RI. Jadi, ada 12 kursi DPR RI dari tanah Papua," ungkapnya.

John Wempi Wetipo menambahkan, jumlah penduduk di Papua Selatan tidak lebih dari satu juta jiwa maka mendapatkan jatah 35 kursi anggota DPR Provinsi.

Sedangkan, jumlah penduduk Papua Tengah sebanyak 1,3 juta jiwa maka mendapatkan jatah 45 kursi anggota DPR Provinsi.

Baca juga: Profil Kabupaten Asmat yang Masuk dalam DOB Papua Selatan

Sama halnya dengan Provinsi Papua Pegunungan Tengah yang memiliki penduduk sebanyak 1,5 juta jiwa maka mendapatkan jatah 45 kursi anggota DPR Provinsi.

"Ini yang akan kita pertaruhkan. Kalau selama ini kita hanya mengisi kursi di Papua sehingga orang-orang tertentu yang masuk. Sekarang membuka kesempatan yang besar bagi kita semua untuk kursi politik kedepan," pungkas JWW. (*)
 

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved