Pemekaran Papua

Inilah Syarat Penjabat Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua, Wamendagri: Harus Eselon I Kementerian

Saat ini hanya ada 1 pejabat Orang Asli Papua (OAP) yang sudah memenuhi syarat sebagai eselon I di pemerintah pusat yaitu Velix Wanggai

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TINJAU GEDUNG - Wamendagri John Wempi Wetipo didampingi Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Ketua Tim pemekaran PPS Thomas Eppe Safanpo dan para pejabat meninjau gedung negara Merauke yang akan menjadi kantor sementara Gubernur Provinsi Papua Selatan, Sabtu (30/7/2022) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Tahapan pemekaran 3 provinsi baru di Papua semakin lengkap. Setelah pengesahan Undang-undang tentang pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) dan kepastian lokasi ibu kota, kini pemerintah pusat sedang menyiapkan calon pengisi penjabat gubernur di 3 provinsi baru tersebut.

Wamendagri Tentukan Tuan Rumah Peresmian 3 Provinsi dan Penjabat Gubernur DOB di Papua

Lantas apa persyaratan untuk bisa menjasdi Penjabat Gubernur di 3 provinsi baru yang meliputi, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Proovinsi Papua Pegunungan tersebut? 

Menurut Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo, pejabat yang berhak menjadi Penjabat Gubenrur di 3 provinsi baru itu merupakan pejabat eselon I Kementerian. 

Hal itu meliputi, Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal, Inspektur Jenderal, Kepala Badan, Staf Ahli Menteri, dan jabatan lain yang merupakan jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya.

Tiga Provinsi Baru di Papua akan Diisi 3.000 ASN, Wamendagri: Secepatnya!

"Yang jelas pejabat yang menduduki eselon I Kementrian," terang Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo (JWW) kepada wartawan di Merauke, Sabtu (30/7/2022).

Lebih lanjut putera asli Papua ini menjelaskan, saat ini hanya ada 1 pejabat Orang Asli Papua (OAP) yang sudah memenuhi syarat sebagai eselon I di pemerintah pusat yaitu Velix Wanggai. 

Oleh karena itu, Penjabat Gubernur di 3 provinsi baru di Papua tersebut tetap akan diisi oleh pejabat eselon I dari Kementrian sampai dengan dilantiknya gubernur definitif.

Wamendagri JWW di Merauke, Tinjau Persiapan Peresmian Provinsi Papua Selatan 

Keberadaan Penjabat Gebernur nantinya untuk meletakkan pondasi yang kuat bagi Provinsi Papua Selatan (PPS), Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah. 

"Mereka harus meletakkan pondasi yang kuat biar nantinya berjalan lebih bagus. Penjabat eselon I OAP hari ini hanya satu, pak Velix Wanggai. Selain itu tidak ada. Sekarang kita tidak bisa paksanakan yang tidak ada menjadi ada," tegas John Wempi Wetipo (JWW). 

Disinggung akankah Sekda Provinsi Papua menjadi Penjabat Gubernur DOB Papua, Wamendagri mengungkapkan, Sekda Papua saat ini merupakan pejabat eselon II, sehingga secara aturan belum memenuhi persyaratan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved