Breaking News:

Papua Terkini

Menuju Akreditasi 6 Puskesmas, Yankes Dinkes Mamteng Gelar Sosialisasi SIAP 5 BAB 

Sosialisasi semacam ini, menjadi tantangan bagi kami di Dinkes, karena melihat kondisi geografis serta SDM kami yang masih berproses

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
KESEHATAN - Yankes Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) saat melaksanakan sosialisasi Standart Instrumen Akreditasi Puskesmas (SIAP) 5 BAB, bagi Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) di Kobakma, Mamteng Papua, beberapa waktu lalu.  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Guna mempersiapkan akreditasi 6 Puskesmas, Yankes Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) melakukan sosialisasi Standart Instrumen Akreditasi Puskesmas (SIAP) 5 BAB, IMN, dan IKP Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB). 

Giat sosialisasi yang diinisiasikan oleh Yankes Dinkes Mamteng tersebut, dilangsungkan pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mamteng di Jalan Mesir Yikwa, Distrik Kobakma, Sabtu (30/7/2022). 

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Pemkab Mamteng Dukung Rencana Akreditasi 6 Puskesmas 

"Sosialisasi tentang instrumen SIAP ini kami menerima informasi dari 2 narasumber, yakni Pak Enos dan Dokter Andre terkait standar, jadi tentu kita akan terproses dan terpapar dengan 298 elemen penilaian," kata Kadinkes Mamteng, Helda Walli S Kep NS MKep kepada Tribun-Papua.com, Senin (1/8/2022).

Disampaikan Helda, masing-masing elemen penilaian tersebut harus dipastikan dan dibuktikan secara nyata di Puskesmas, berupa dokumen dan siklus manajemen. 

"Kami berfikir, dengan adanya sosialisasi semacam ini, menjadi tantangan bagi kami di Dinkes, karena melihat kondisi geografis serta SDM kami yang masih berproses, tentu ini menjadi suatu hal yang serius," bebernya. 

Baca juga: Mamberamo Tengah Papua Tak Kondusif, Aktivitas Lumpuh: 58 Nakes Mengungsi ke Wamena

Meski demikian, pihaknya menegaskan tidak ada kata mundur untuk terus melakukan yang terbaik, berproses, dan tetap optimis apapun yang ditargetkan atau menjadi suatu standar, agar dapat tercapai. 

"Kami di Dinkes Mamteng sudah melakukan berbagai upaya dan melewati proses yang ada, salah satunya kami telah mempunyai SK TPCB," ungkap Helda. 

Dengan adanya SK TPCB tersebut, Helda mengatakan anggota TPCB dapat menjadi tim untuk pendampingan akreditasi, yang telah dipaparkan dalam sosialisasi tersebut. 

"Dari 6 Puskesmas yang akan dilakukan akreditasi pada tahun 2022 ini, dan melakukan pendampingan memang ada 1 Puskesmas yang letak geografisnya cukup jauh tetapi memang harus dilakukan dengan baik, karena sudah menjadi tujuan untuk pelayanan bermutu bagi masyarakat," jelasnya. 

Baca juga: Aktivitas di Mamberamo Tengah Papua Lumpuh, Akses Dipalang: ASN dan Pedagang Mengungsi ke Wamena

Lebih lanjut di menegaskan soal komitmen pihaknya untuk menciptakan pelayanan yang bermutu, serta sesuai dengan 12 indikator dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM). 

Untuk itu dengan waktu yang dimulai lebih awal, tentu pihaknya memastikan dapat memiliki durasi berproses menuju target dan capaian yang diinginkan. 

Dalam kesempatan yang sama, salah satu narasumber dalam sosialisasi SIAP 5 BAB itu, Enos Matira S KM M Kes kepada Tribun-Papua.com mengatakan, tujuan dari giat tersebut untuk memberikan pembekalan kepada semua pegawai di lingkup Dinkes Kabupaten Mamteng. 

"Mulai dari Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang, dan seluruh staf yang berada di jajaran Dinkes Mamteng," sebutnya.

Baca juga: Pendukung Bupati RHP Palang Akses Jalan di Mamberamo Tengah, Irjen Mathius Fakhiri: Tindak Tegas!

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved