Semarak HUT Ke 77 RI di Papua

Jelang HUT Ke-77 RI, Satgas Yonif 123/Rajawali Ajak Warga di Perbatasan RI-PNG Pasang Bendera

Kita ajak masyarakat untuk kerja bakti untuk menggelorakan semangat kemerdekaan di perbatasan dengan memasang bendera merah putih

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PASANG BENDERA – Warga yang tinggal di daerah perbatasan RI-PNG yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) ikut menyemarakkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dengan memasang bendera dan umbul-umbul disepanjang jalan dan pos Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (2/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 123/Rajawali menggelorakan semangat kemerdekaan di perbatasan RI dengan Papua Nugini (PNG), Selasa (2/8/2022).

Momen HUT RI, Pedagang Roti Bakar Asal Garut Pilih Hijrah ke Merauke Papua Jualan Bendera

Dimulai dari Pos Komando Taktis (Kotis) yang terletak di Kampung Sipias, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua hingga ke perbatasan terjauh di Pos Yakyu dan Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Komandan Satgas Yonif 123/Rajawali, Letkol Inf Goklas P Silaban mengatakan, menggelorakan kemerdekaan dengan kerja bakti membersihkan lapangan yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus-an dan memasang umbul-umbul di pos-pos jajaran Satgas Pamtas.

Tak sendiri, para prajurit TNI merangkul masyarakat setempat yang notabene Orang Asli Papua (OAP) untuk bersama-sama gotong royong membersihkan lapangan dan memasang bendera. 

Jelang HUT Ke-77 RI, Penjual Bendera di Jayapura Mulai Menjajakan Pernak-pernik HUT RI

Warga antusias ikut memasang bendera dan umbul-umbul disepanjang jalan kampung maupun dusun hingga terwujud nuansa merah putih dan kemeriahan HUT RI. 

“Kita ajak masyarakat untuk kerja bakti untuk menggelorakan semangat kemerdekaan di perbatasan,” tuturnya kepada Tribun-Papua.com usai kegiatan.

Selain untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, sambung Dansatgas, sekaligus menanamkan pemahaman pentingnya kebersihan lingkungan, semangat persatuan maupun kebersamaan dalam gotong goyong.

Pemprov Papua Alihkan Peringatan HUT RI di Stadion Lukas Enembe, Musaad: Biar Tak Ganggu Warga

“Sebagaimana kita ketahui, sejarah membuktikan bahwa Indonesia Merdeka berkat adanya persatuan dan kesatuan yang kuat,” ungkap Letkol Inf Goklas P Silaban.

Dikesempatan yang sama, Tokoh Adat Dusun Yakyu Dominggus Meiwa mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 123/Rajawali yang telah membangun kebersamaan selama ini. 

"Satgas memberikan motivasi kepada masyarakat dan anak-anak perbatasan untuk mencintai Indonesia serta menghargai para pejuang kemerdekaan,” ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved