Info Jayapura

Wabup Giri Wijayantoro Sebut Perlindungan Masyarakat Adat Perlu Agar Tak Tergerus Modernisasi

Kabupaten yang ada di Papua yang mempunyai kampung adat kemudian diakui oleh pemerintah yaitu di Kabupaten Jayapura

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
FOTO BERSAMA – Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro foto Bersama Ketua Dewan Adat Barmani beserta rombongan masyarakat adat dari Kabupaten Biak Numfor yang berkunjung ke Kabupaten Jayapura di Kantor Bupati Jayapura, Sentani, Senin (1/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menyebutkan pentingnya melindungi masyarakat adat agar tak tergerus modernisasi. Dengan begitu eksistensi masyarakat adat tetap terjaga.

Hal itu dikatakan Giri Wijayantoro saat menerima kunjungan Ketua Dewan Adat Barmani beserta rombongan masyarakat adat dari Kabupaten Biak Numfor ke Kabupaten Jayapura di Kantor Bupati Jayapura, Sentani, Senin (1/8/2022).

Inilah Agenda Kunjungan Masyarakat Adat Barmani ke Pemkab Jayapura

Kunjungan Masyarakat Adat Barmani dalam rangka studi banding guna mempelajari secara teknis pelaksanaan pembentukkan kampung adat.

Giri mengatakan hanya ada satu kabupaten yang ada di Papua yang mempunyai kampung adat kemudian diakui oleh pemerintah yaitu di Kabupaten Jayapura.

Sebelumnya selain masyarakat adat Barmani, Kabupaten Jayapura telah mendapat kunjungan dari masyarakat adat Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Fakfak yang mempunyai tujuan yang sama.

BPNB Papua Ajak Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura Gali Potensi Budaya

Menurutnya sebuah hukum positif dimana pemerintah mengakui masyarakat adat untuk tetap menjaga keseimbangan dalam kehidupan pemerintahan kampung dan kampung adat.

"Ini jati diri sebagai penerus generasi Papua, mudahan jadi benteng bagi kita, belum banyak yang kami lakukan, namun akan belajar dari masyarakat adat Barmani dengan apa yang mereka sudah lakukan," ujarnya.

Didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J Demetouw rombongan masyarakat adat Barmani belajar banyak peran masyarakat adat dalam ambil bagian pembangunan daerah. 

Tim Peduli Hutan dan Tanah Adat Jayawijaya Tolak Pembangunan Kantor Gubernur DOB Papua Tengah

"Teknisnya nanti ke kampung adat. Terima kasih atas kedatangan dari Biak Numfor ke Kabupaten Jayapura sebagai bentuk terjalinnya persahabatan dan kekeluargaan,"katanya. (*) 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved