Pemilu 2024

Lengserkan Gubernur Jawa Tengah, Cucu Soekarno Penuhi Kriteria Jadi Penerus Tahta Presiden Jokowi

Anggota DPR RI Fraksi PDIP Johan Budi menilai, cucu Soekarno penuhi kriteria penerus tahta Presiden Jokowi, lengserkan Gubernur Jawa Tenghah itu.

Tribunnews
ILUSTRASI Bendera PDI Perjuangan (PDIP) - Diketahui, Dari dua kandidat capres PDIP, Puan Maharani dan Ganjar Pranowo, Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Johan Budi menilai, cucu Soekarno penuhi kriteria penerus tahta Presiden Jokowi, lengserkan Gubernur Jawa Tenghah itu. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Ketua DPR Puan Maharani menjadi satu dari dua kader potensial PDI Perjuangan (PDIP) yang bakal diusung sebagai capres 2024.

Adapun selain Puan, satu figur di internal PDIP lainnya adalah Ganjar Pranowo.

Namun, Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Johan Budi, menilai, cucu Soekarno penuhi kriteria penerus tahta Presiden Jokowi, lengserkan Gubernur Jawa Tengah itu.

“Menurut pendapat pribadi saya, ya sangat layak (maju sebagai capres), kalau kita mau memilih pemimpin yang harus berdasarkan track record dari kemampuan dia sebelumnya,” kata Johan kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Duel Panas Parpol di Pemilu, Gerindra dan Golkar Dilengserkan Partai Besutan Putri Presiden Soekarno

Anggota Komisi III DPR RI itu menjelaskan, dari rekam jejaknya di panggung politik nasional, Puan sudah tergembleng.

“Menurut saya sudah banyak yang dilalui oleh Mbak Puan, dari menjadi anggota DPR biasa, lalu menjadi ketua fraksi partai terbesar, kemudian Mbak Puan pernah menjadi Menko PMK, dan sekarang Ketua DPR. Ini kan membutuhkan kapasitas dan kapabilitas seorang pemimpin," kata Johan.

Perjalanan karier itulah, dikatakan Johan, yang disebut butuh kemampuan.

"Beliau juga sebagai Ketua DPP partai yang memenangi Pemilu tahun 2014 dan 2019. Itu kan Mbak Puan mengelola partai besar," tambah Johan.

Baca juga: Geser Anies dan Ganjar, PDIP Beri Sinyal Usung Anak Presiden, Ini Sosoknya

Lebih jauh, Johan mengaku selalu melihat seorang pemimpin dari track record yang pernah dijalani.

“Saya melihat Mbak Puan ini dari perjalanan karir dia sudah teruji dan menempati pos-pos yang membutuhkan kapasitas dan kapabilitas seorang pemimpin," ujarnya.

Soal aktifnya Puan berkunjung ke sejumlah daerah, menurut Johan, hal itu adalah dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

Baca juga: Dorong Ketua Timses Jokowi Jadi Capres, PAN Dilengserkan KIB?

Dia menyebut Puan tengah menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR untuk terus turun ke masyarakat.

“Kemudian menyelesaikan problem yang ada di bawah sebagai ketua DPR. Mbak Puan peduli kepada masyarakat bawah,” pungkas Johan. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Johan Budi Sebut Rekam Jejak Puan Maharani Penuhi Kriteria untuk Maju di Pilpres 2024

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved