PT Freeport Indonesia

PT Freeport Buka Akses Masyarakat Terpencil, Kini Warga Aroanop Tak Perlu Jalan Kaki ke Kota

Akhirnya masyarakat yang sebelumnya kesulitan akses kebutuhan dasar seperti kesehatan, pangan dan sebagainya, kini bisa terjangkau

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
AKSES WARGA - Lapangan terbang perintis Aroanop ini dibangun Freeport Indonesia dengan panjang landasan 461 meter dan lebar 18 meter serta berada di ketinggian 2.200 mdpl yang sekaligus memudahkan akses warga untuk menuju daerah lain. Adanya lapangan terbang perintis, kini warga tak perlu lagi jalan kaki melewati gunung dan sungai untuk ke daerah lain. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA – Upaya menjembatani masyarakat dengan memberikan akses khususnya kepada masyarakat terpencil, terus dilakukan PT Freeport Indonesia. Satu di antaranya dengan membangun lapangan pesawat terbang perintis yang aktif sejak 2017 silam.

Dukung Agenda G20, PT Freeport Indonesia Tekan Emisi Gas Rumah Kaca dengan Inovasi Teknologi

Pembangunan pesawat terbang perintis itu menjadi pilihan untuk membuka akses masyarakat Aroanop, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Mengingat jika membangun infrastruktur transportasi darat merupakan pekerjaan yang sangat berat dan membutuhkan biaya sangat besar, karena kondisi geografis di daerah tersebut yang masih sulit dijangkau.

Kepala Kampung Aroanop, Deteminus Beanal sangat mengapresiasi kerja keras PT Freeport Indonesia yang telah membantu warga daerah terpencil untuk memiliki akses dan interaksi dengan daerah lain.

PT Freeport Indonesia Kembali Raih Penghargaan Sustainable Business Awards 2022

"Sangat jelas masyarakat terbantu adanya lapangan terbang perintis ini, Akhirnya masyarakat yang sebelumnya kesulitan akses kebutuhan dasar seperti kesehatan, pangan dan sebagainya, kini bisa terjangkau," ujar Deteminus.

Lebih lanjut dia menjelaskan, masyarakat di kampung tersebut selama ini selalu jalan kaki melewati gunung, tebing serta sungai selama 2 hari untuk mencapai kampung terdekat hingga ke Kota Timika.

Namun sekarang dengan adanya bandara untuk pesawat perintis, akses menjadi lebih mudah dan cepat. Warga tak perlu lagi jalan kaki melewati gunung dan sungai.

PT Freeport Indonesia Dukung BKSDA Lepasliarkan Satwa Endemik Papua, Labi-labi dan Burung Kasuari

Beberapa proyek infrastruktur masyarakat telah dibangun oleh PTFI sebagai bentuk kontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Proyek-proyek infrastruktur masyarakat yang berasal dari kontribusi perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar perusahaan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved