Pemilu 2024

Lengserkan Ganjar, Cucu Bung Karno Didukung Emak-emak Sumut Maju Capres: Petinggi PDIP Ini Berekasi

Sekelompok emak-emak di Sumatera Utara mendukung cucu Bung Karno untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Lengserkan Ganjar dan Jokowi?

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) menatap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memberikan penghormatan usai membaca hasil rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sekelompok emak-emak di Sumatera Utara mendukung cucu Bung Karno untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Mereka ingin trah Soekarno melanjutkan tongkat kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Barisan-emak-emak itu menyatakan diri sebagai "Pejuang Puan Maharani" dari Sumatra Utara.

Kelompok itu dideklarasikan pada 26 Juli lalu dan diklaim terdiri dari anggota yang menaruh simpati terhadap Ketua DPR RI itu.

Diketahui, Puan Maharani juga punya jabatan mentereng di partai PDI Perjuangan.

Baca juga: Segini Harta Kekayaan Luhut, Menteri Kepercayaan Jokowi yang Dituding di Balik Pencapresan Ganjar

Ia menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan, sekaligus Ketua DPR RI.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi santai munculnya dukungan terhadap Puan Maharani untuk maju pada Pilpres 2024.

Hasto menilai, munculnya dukungan terhadap Puan sebagai hal yang wajar dalam berdemokrasi.

"Namanya kebebasan berekspresi itu kan boleh-boleh saja, kita kan tidak hidup pada jaman penjajahan," ujar Hasto saat ditemui di kantor DPP PDI Perjuangan, di Jakarta, pada Minggu (31/7/2022).

Hanya, kata Hasto, setiap kader PDI Perjuangan harus patuh terhadap garis komando partai.

Apalagi dalam Rakernas PDI-P disepakati bahwa urusan nama kandidat yang akan maju di Pilpres 2024 merupakan wewenang ketua umum partai.

Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan, juga dalah ibunda Puan.

Adapun dukungan yang sama, juga sempat mengemuka kepada Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Baca juga: Gulingkan PDIP, 3 Partai Ini Bakal Kongsi Usung Anies dan Anak Cikeas Lengserkan Jokowi: Astaga!

Ganjar Pranowo kini menjabat Gubernur Jawa Tengah.

"Seluruh kader PDI-P tentu memahami aturan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden ditetapkan Ibu Ketum," kata Hasto.

"Prinsipnya, siapa pun yang sebagai kader partai, sekali lagi siapa pun kader partai, yang telah mengambil suatu keputusan dini di luar disiplin organisasi partai, akan kami ingatkan karena itu lah disiplin yang dikedepankan oleh partai" imbuh dia. (*)

Artikel ini telah tayang di┬áKompas.com┬ádengan judul "Muncul Dukungan Puan Maharani Capres PDI-P 2024, Hasto Anggap Kebebasan Berekspresi",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved