Kekeringan di Lanny Jaya Papua

Semua Pihak Diminta Beri Pelayanan Terbaik bagi Korban Bencana di Lanny Jaya Papua

Empat warga dilaporkan meninggal dunia akibat kelaparan pascabencana alam embun es yang terjadi di wilayah Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

ISTIMEWA
BENCANA ALAM – Ratusan warga Distrik Kuyawage, Lanny Jaya,Provinsi Papua menghadapi cuaca ekstrem berupa hujan es yang mengganggu ketersediaan pangan. Kini Pemkab Lanny Jaya sudah mengirimkan bahan makanan untuk masyarakat setempat.   

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk sigap membantu korban bencana alam embun es di Distrik Kuyuwage.

Demikian juga penanganan warga yang terancam kelaparan akibat gagal panen.

"Saya sudah minta dinas terkait tetap memantau dan sigap untuk melayani masyarakat korban bencana," kata Petrus lewat gawainya kepada Tribun-Papua.com, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: BREAKING NEWS: 4 Warga Meninggal Kelaparan di Kuyuwage Lanny Jaya, 548 Orang Terdampak Cuaca Ekstrem

Selain dinas terkait, Petrus juga meminta setiap kepala distrik harus menetap di wilayah masing-masing.

"Kepala Distrik Kuyawage, Goa Balim, dan Wano Barat bersama Kepala-kepala kampung, mulai saat ini saya tegaskan menetap semua di daerahnya masing-masing. Tidak ada di ibu kota Tiom atau Wamena," tegasnya.

Menurutnya, seluruh pihak perlu berkolaborasi untuk mengatasi korban bencana alam tersebut.

"Saya mau ingatkan sekali lagi untuk ketua wilayah Gereja, baik dari Baptis, GIDI, dan Kemah Injil, harus komunikasi setiap kali ada kejadian awal bencana. Jika ada tanda-tanda awal bencana segera laporkan kepada pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Dinas Pertanian Papua Rekomendasikan Ubah Masa Tanam Ubi Jalar di Lanny Jaya

Ia mejuga berpesan kepada tenaga kesehatan di lapangan untuk terus mengontrol kondisi masyarakat.

"Dinas Kesehatan, saya minta agar selalu aktif melihat kondisi anak, ibu hamil, dan warga yang sakit akibat bencana ini. Berikan makanan bergizi," pesannya.

Diketahui, empat warga dilaporkan meninggal dunia akibat kelaparan pascabencana alam embun es yang terjadi di wilayah Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Utusan Menteri Sosial (Mensos) telah menyerahkan bantuan ke posko umum tepatnya di Jalan Trans Lanny Jaya - Kuyuwage.

Bantuan itu diberikan khususnya kepada korban terdampak cuaca ekstrem, berupa bahan makanan, selimut dan makanan khusus anak-anak. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved