Peresmian Uskup Agung Merauke

17 Uskup Bersama Dubes Vatikan Hadiri Peresmian Uskup Agung Merauke

Tadinya kita mau rayakan di sekitar pntu gerbang Patung Hati Kudus Yesus, tapi Uskup Agung Merauke mengatakan, tahtanya ada di Katedral

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PERESMIAN - Dubes Vatikan untuk Indonesia, Mgr Nunsius Piero Pioppo memberikan pallium kepada uskup agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC dalam perayaan ekaristi possesio canonica di gereja St Fransiskus Xaverius Katedral Merauke, Papua, Minggu (7/8/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Sebanyak 17 uskup se-Indonesia berkunjung ke Merauke untuk menghadiri peresmian Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC sebagai Uskup Agung Merauke oleh Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Nunsius Piero Pioppo, Minggu (7/8/2022).

Baca juga: Ini Agenda Dubes Vatikan Untuk Indonesia, Mgr Nunsius Piero Pioppo di Kabupaten Merauke Papua

"Dubes yang ditunggu sudah hadir bersama 17 uskup. Perayaan ekaristi atau misa dilaksanakan selama dua jam mulai pukul 16.00 WIT," tutur Ketua Panitia Perayaan Peresmian Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC sebagai Uskup Agung Merauke, Pastor Johanes Kandam di sela-sela persiapan acara.

Lebih lanjut Pastor Johanes Kandam menjelaskan, pemberian pallium oleh Dubes Vatikan kepada Uskup Agung Merauke adalah simbol Uskup Agung.

"Tadinya kita mau rayakan di sekitar pntu gerbang Patung Hati Kudus Yesus, tapi Uskup Agung Merauke mengatakan, tahtanya ada di Katedral sehingga harus dirayakan di tahta Keuskupan di Katedral," ungkapnya.

Pesan Uskup Agung Merauke kepada Wartawan: Jadilah Corong Kebenaran dan Agen Perubahan

Ia merincikan, Uskup Agung Merauje mengkoordinir beberapa keuskupan di Papua dan Papua Barat mulai dari Keuskupan Jayapura, Agats, Timika, Sorong, dan Manokwari.

Meskipun, Pastor Johanes Kandam mengakui setiap uskup memiliki otoritas masing-masing.

BREAKING NEWS: Hari Ini, Uskup Agung Merauke Tahbiskan Empat Imam Baru, Panitia: Siapkan 3 Dokter 

"Misa selesai nanti akan istirahat sebentar kemudian kita menuju Archelaus Sai pukul 19.00 WIT untuk resepsi. Besok pagi, Dubes Vatikan sudah kembali," lugasnya.

Dia mengaku senang, sebagai ketua panitia dapat menyaksikan langsung acara yang sangat sakaral dan bersejarah tersebut. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved