Info Merauke

Gelar Makanan Khas Suku Marind Tandai Perayaan 117 Tahun Gereka Katolik Masuk Papua

14 Agustus nanti kami akan menggelar makanan khas Marind yang selama ini banyak orang tidak tahu

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
KHAS MARIND - Tokoh masyarakat Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze saat diwawancara Tribun-Papua.com, Senin (8/8/2022) terkiat persiapan perayaan 117 tahun gereka Katolik masuk Papua yang akan ditandai dengan gelaran makanan khas Suku Marind. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Puncak perayaan 117 tahun gereja katolik masuk Tanah Papua Selatan pada 14 Agustus 2022 nanti akan diwarnai gelar makanan khas Marind Provinsi Papua.

Suku Marind merupakan suku asli Papua di Kabupaten Merauke yang berjuluk Anim Ha yang memiliki arti manusia sejati.

Dibalik Sukses Puteri Suku Marind Menjabat Kepala Kampung Enggol Jaya Merauke

"14 Agustus nanti kami akan menggelar makanan khas Marind yang selama ini banyak orang tidak tahu," kata tokoh masyarakat Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze kepada Tribun-Papua.com, Senin (8/8/2022).

Salah satu inisiator Provinsi Papua Selatan yang akrab disapa JGG ini menjelaskan, gelar makanan khas Suku Marind akan dilaksanakan di gerbang patung hati kudus Yesus Jalan Martadinata pada siang hari.

51 Anak Suku Marind Merauke, Ikuti Pembekalan Sebelum Kuliah di Rusia dan Amerika

"Silahkan seluruh masyarakat datang untuk menikmati makanan khas marind yang bahan pokoknya semua dari sagu diperkaya dengan bahan-bahan lain," ucapnya.

JGG mengungkapkan, gereja katolik didirikan pertama kali dengan pembaptisan pertama di Kampung Urumb dan Wendu di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Isak Tangis Warnai Keberangkatan 51 Putra-putri Suku Marind di Bandara Mopah Merauke

Oleh karena itu, 14 Agustus telah ditetapkan sebagai hari libur di Merauke dalam rangka memperingati agama Katolik atau injil masuk di Papua Selatan.

Pemerintah Kabupaten Merauke bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke juga sudah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2011 tentang pencanangan Merauke sebagai Gerbang Hati Kudus Yesus. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved