Kunjungan Dubes Vatikan

Kunjungan Dubes Vatikan ke Kabupaten Merauke Jadi Penangkal Cerita Papua Tak Aman

Provinsi Papua Selatan adalah sebuah ibu negeri dari kawasan otorita hati kudus Yesus dan sebuah ibu negeri masyarakat Bhineka Tunggal Ika

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
SAMBUT DUBES VATIKAN - Ribuan masyarakat Papua Selatan di Bumi Anim Ha menyambut kedatangan Dubes Vatikan, Mgr Piero Pioppo di gerbang patung hati kudus Yesus Merauke, Papua, Minggu (7/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Kunjungan Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Nunsius Piero Pioppo ke abupaten Merauke, Provinsi Papua (calon Ibu Kota Provinsi Papua Selatan) menjadi penangkal cerita Papua yang selama ini terkesan tak aman.

Ini Agenda Dubes Vatikan Untuk Indonesia, Mgr Nunsius Piero Pioppo di Kabupaten Merauke Papua

Selain melaksanakan tugas utama melakukan penganugerahan pallium dari Paus Fransiskus kepada Uskup Agung Merauke, Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC melalui peresmian ekaristi atau misa possesio canonica di Gereja St Fransiskus Xaverius Katedral Merauke, kehadiran Dubes Vatikan itu menunjukkan bahwa Bumi Cenderawasih sangat aman dan kondusif.

"Hadirnya Dubes Vatikan ini menunjukkan kepada dunia bahwa orang Papua Selatan adalah orang yang baik. Ketika ada cerita Papua tidak aman, secara otomatis terbantahkan dengan kehadiran Dubes di sini,” tegas tokoh Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze kepada Tribun-Papua.com, Senin (8/8/2022).

17 Uskup Bersama Dubes Vatikan Hadiri Peresmian Uskup Agung Merauke

Dikatakan, Provinsi Papua Selatan adalah sebuah ibu negeri dari kawasan otorita hati kudus Yesus dan sebuah ibu negeri masyarakat Bhineka Tunggal Ika.

Masyarakat yang tinggal di Bumi Anim Ha selalu hidup rukun, bersatu, bersama-sama dengan kekayaan perbedaan. Bahkan, bersatu dalam suka cita.

"Orang Papua Selatan itu baik, mau memberikan hati kepada semua yang datang. Supaya dia membawa kepastian bahwa di Papua Selatan tidak ada masalah," tegas Johanes Gluba Gebze.

Dubes Vatikan Bakal Resmikan Mgr Petrus Canisius Mandagi Sebagai Uskup Agung Merauke

Diakuinya, ribuan masyarakat Papua khususnya di Bumi Anim Ha, perwakilan Suku Marind (Merauke), Awyu (Mappi), Mandobo (Boven Digoel, dan Asmat secara bersama-sama telah menyambut kedatangan Dubes Vatikan selaku gembala besar selama dua hari di Bumi Merauke.

"Mgr Piero Pioppo didampingi 17 uskup dan pastor telah datang melihat langsung keberadaan umat dibingkai kedaulatan Republik Indonesia (RI), Merauke. Penuh damai, kerukunan dan cinta kasih," terang inisiator pemekaran Provinsi Papua Selatan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved