Pemilu 2024

Pengamat Beri Sinyal Cucu Soekarno Ditetapkan Jadi Capres PDIP, Lengserkan Gubernur Jawa Tengah

Diketahui, jelang Pilpres 2024, pengamat beri sinyal cucu Soekarno yang ditetapkan jadi capres PDIP, lengserkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Presiden Pertama RI Ir. Soekarno. Diketahui, jelang Pilpres 2024, pengamat beri sinyal cucu Soekarno yang ditetapkan jadi capres PDIP, lengserkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ini sosoknya 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Jelang Pilpres 2024, banyak figur yang erat dikaitkan dengan partai politik, diusung sebagai kandidat calon presiden (capres).

PDI Perjuangan (PDIP) menjadi satu di antara partai politik yang memiliki dua kandidat di internal partai, yakni Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Namun, di antara keduanya, pengamat beri sinyal cucu Soekarno yang ditetapkan jadi capres PDIP, lengserkan Gubernur Jawa Tengah itu.

Hal ini dilihat dari munculnya relawan pendukung Puan Maharani sebagai capres di sejumlah daerah.

Baca juga: Lengserkan Gubernur Jawa Tengah, Cucu Soekarno Penuhi Kriteria Jadi Penerus Tahta Presiden Jokowi

Menurut Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin PDIP bakal mengusung Ketua DPR itu maju di Pilpres 2024.

Ujang mengatakan, selain munculnya relawan tersebut sebelumnya telah ada indikasi kuat bahwa memang Puan bakal didorong dalam kontestasi Pilpres 2024.

Meskipun, akhirnya keputusan siapa yang akan diusung PDIP sebagai capres ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Munculnya relawan-realawan ini di banyak daerah bisa jadi memang itu bagian dari keseriusan skema atau formula PDIP yang bisa saja mengusung Puan sebagai capres," kata Ujang kepada wartawan, Sabtu (6/8/2022).

Terkait siapa yang akan menjadi cawapres pendamping Puan, Ujang menilai, hal itu juga merupakan keputusan dari Megawati.

Baca juga: Figur Capres PDIP Mencuat, Puan Geser Ganjar, Orang Dekat Megawati Teriak: Kenapa Buang Energi!?

Ujang menilai, Megawati pasti memiliki kalkulasi yang matang siapa yang akan diusung dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

Namun, yang pasti kehadiran relawan tersebut menjadi sinyal kuat Puan didorong sebagai capres dari PDIP.

"Tentu PDIP sudah punya pengalaman dengan persoalan pencapresan dan PDIP juga punya kalkulasi sendiri terkait dengan siapa yang akan diusung sebagai capres," ungkap Ujang.

"Tetapi indikasi-indikasi terkait akan majunya Puan sebagai capres itu keliahatnnya semakib terang benderang," tandasnya.

Baca juga: Kandidat Capres NasDem Dilengserkan PDIP, Tangan Kanan Anak Presiden Soekarno Beri Pesan Menohok

Sebelumnya, sejumlah relawan Puan Maharani untuk Pilpres 2024 telah terbentuk di sejumlah daerah.

Mulai dari Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten hingga di Jawa Barat. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat Sebut Munculnya Relawan di Sejumlah Daerah Sinyal PDIP Bakal Usung Puan sebagai Capres

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved