Wisata Papua

Wisata Papua: Pesona Pantai Marekisi yang Jadi Lokasi Pelestarian Penyu Lekang

Terletak di Yewena, Depapre, Kabupaten Jayapura, Pantai Marekisi menyuguhkan keindahan alam yang mempesona seperti pantai-pantai lain di Papua.

Penulis: Astini Mega Sari | Editor: Astini Mega Sari
Tribun-Papua.com/ Aldi
Pantai Marekisi - Terletak di Yewena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Pantai Marekisi menyuguhkan keindahan alam yang mempesona seperti pantai-pantai lain yang dimiliki Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pantai Marekisi adalah satu di antara pantai yang jadi destinasi wisata Papua.

Terletak di Yewena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Pantai Marekisi menyuguhkan keindahan alam yang mempesona seperti pantai-pantai lain yang dimiliki Papua.

Wisatawan bisa mencapai Pantai Marekisi dengan menempuh perjalanan darat selama sekitar dua jam dari pusat Kota Jayapura.

Baca juga: Wisata Papua: Indahnya Pantai Pasir 2 yang Dekat dengan Kota Jayapura

Pantai Marekisi
Pantai Marekisi (Tribun-Papua.com/ Aldi)

Pesona Alam Pantai Marekisi

Pantai Marekisi memiliki pasir putih dengan air laut jernih berwarna biru bergradasi.

Pantai ini memiliki pemandangan alam yang masih asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Dikutip dari Tribun-Papua.com, pantai Marekisi dikelilingi hutan hujan tropis yang masih rimbun.

Baca juga: Wisata Papua: Pesona Pulau Habe di Merauke

Terlihat pula deretan pohon kelapa di pinggir pantai yang bakal menambah keindahan Pantai Marekisi.

Wisatawan bisa menikmati panorama sembari bersantai di pinggir pantai.

Lokasi Pelestarian Penyu Lekang

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua bersama kelompok Desa Binaan Konservasi Marekisi Nung dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Papua melepasliarkan 20 ekor penyu lekang (Lepidochelys olivacea) di di Pantai Marekisi, Kampung Yewena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (28/5/2022).
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua bersama kelompok Desa Binaan Konservasi Marekisi Nung dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Papua melepasliarkan 20 ekor penyu lekang (Lepidochelys olivacea) di di Pantai Marekisi, Kampung Yewena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (28/5/2022). (Kompas.com/Roberthus Yewen)

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, pantai ini juga menjadi lokasi untuk melepasliarkan penyu lekang (Lepidochelys olivacea) yang dilindungi.

Dikutip dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pantai Marekisi adalah tempat indukan penyu lekang meletakkan telur pada setiap musim.

Baca juga: Wisata Papua: 5 Destinasi Wisata Alam di Sentani yang Wajib Kamu Kunjungi

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua membentuk Kelompok Desa Binaan Konservasi Marekisi Nung pada 21 April 2021, dengan fokus kegiatan pelestarian penyu, khususnya penyu lekang.

Pelopor pelestarian penyu lekang di Kampung Yewena adalah warga bernama Karel Indey.

Kelompok Desa Binaan Konservasi Marekisi Nung kini telah memiliki fasilitas penangkaran dan telah melepasliarkan banyak penyu-penyu lekang di Pantai Marekisi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved