Komoditas Perikanan Papua

Dinas Perikanan Papua Catat Keunggulan Komoditas di Lima Wilayah Adat

Masing-masing wilayah adat di Papua ini memiliki komoditas unggulan sektor perikanan dan kelautan masing-masing

Tribun-Papua
KOMODITAS UNGGULAN - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Iman Djuniawal beberkan  sebaran komoditas unggulan sektor kelautan dan perikanan tersebar di lima wilayah adat di Bumi Cenderawasih. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dinas Perikananan Provinsi Papua mencatat ada berbagai sebaran komoditas unggulan sektor kelautan dan perikanan di lima wilayah adat di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Iman Djuniawal kepada Tribun-Papua.com, Selasa (9/8/2022) di Jayapura.

Dorong Produktivitas Nelayan Lokal, Dinas Perikanan Kota Jayapura Lakukan Ini

Adapun komoditas unggulan di wilayah Adat Mamta yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Mamberamo Raya, nggulanya udang, lobster, teripang, ikan demersal, ikan pelagis, ikan mas, ikan nila dan ikan bandeng.

Kemudian, untuk wilayah Adat Lapago yang meliputi Jayawijaya, Tolikara, Lanny Jaya, Yahukimo, Yalimo,Mamberamo Tengah, Puncak, Puncak Jaya dan Pegunungan Bintang terdapat beberapa komoditas unggulan berupa udang cherax, ikan mas dan ikan nila.

Dinas Perikanan Berikan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dan Air Payau

Selanjutnya, wilayah Adat Ha Anim meliputi Kabupaten Merauke, Asmat, Boven Digoel dan Mappi, juga terdapat beberapa komuditas unggulan yaitu, udang, kepiting, ikan demersal dan ikan pelagis kecil.

Beralih ke wilayah Adat Saireri meliputi Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen dan Waropen didominasi rumput laut dan beberapa keunggulan laut di antaranya kepiting, udang, lobster ikan domersal ikan pelagis dan rumput laut.

Program Unggulan Dinas Perikanan Jangkau 2.139 Nelayan di Kota Jayapura

Sementara wilayah adat Meepago meliputi Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai dan Intan Jaya hanya memiliki dua komoditas unggulan yakni ikan mas dan ikan Nila. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved