Papua Terkini

Resmi Dibuka, 115 Turis Asing Padati Mini Festival Budaya Lembah Baliem di Usilimo Wamena

Setelah resmi dibuka pada Senin 8 Agustus 2022 kemarin, sebanyak 115 turis asing mengikuti Mini Festival Budaya Lembah Baliem di Usilimo, Wamena.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Naftali F Rumbiak for Tribun-Papua.com
PAPUA TERKINI - Sebanyak 115 turis asing mengikuti Mini Festival Budaya Lembah Baliem di Usilimo, Wamena, Papua pada hari pertama dimulainya festival, Senin (8/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, WAMENA - Setelah resmi dibuka pada Senin 8 Agustus 2022 kemarin, sebanyak 115 turis asing mengikuti Mini Festival Budaya Lembah Baliem di Usilimo, Wamena, Papua.

Kepada Tribun-Papua.com Selasa (9/8/2022), Kabid Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kebudpar) Naftali F Rumbiak mengatakan, festival ini digelar terbatas.

"Memang ini karena bentuknya didesain mini, jadi tidak seperti Festival Lembah Baliem tahun-tahun sebelumnya, hanya saja kami tidak membatasi berapa jumlah orang yang boleh ikut, karena ini punya semua," jelasnya.

Baca juga: Mini Festival Lembah Baliem Segera Dimulai di Wamena, 5.000 Wisatawan Ditargetkan Hadir

Naftali mengatakan target wisatawan manca negara yang hadir dalam Mini Festival Budaya Lembah Baliem tersebut telah melampaui target yang ditetapkan, karena pada hari pertama sudah dikunjungi 115 turis asing.

"Ini suatu pencapaian yang baik, untuk menggenjot geliat wisata di Wamena pasca-Pandemi Covid-19 yang sempat melesukan sektor pariwisata sekira 2 tahun belakangan ini," sebutnya.

 

 

Lelaki murah senyum itu juga menjelaskan, dengan hadirnya wisatawan asing, maka dapat lebih memperkenalkan budaya lembah baliem kepada masyarakat dunia.

"Mereka pulang ke negara masing-masing, lalu dapat bercerita soal Wamena dan budaya lembah baliem yang tentunya unik dan kaya akan nilai sejarah," tutur Naftali.

Dikatakan Naftali, para turis asing yang datang mengikuti Mini Festival Budaya Lembah Baliem tersebut, sangat berbaur dengan masyarakat lokal.

Baca juga: Masih Ingat AKP Rustam, Mantan Danki Brimob Wamena Diusulkan Dipecat

"Karena sebelumnya mereka sempat mengunjungi Kampung Wisata Yumugima dan melihat langsung kehidupan masyarakat lokal di sana, khususnya turis asal Polandia yang ikut ke sana," sebutnya.

Sebelumnya diketahui, sebanyak 5.000 wisatawan ditargetkan hadir dalam gelaran Mini Festival Budaya Lembah Baliem di Kota Wamena, Papua.

Dalam festival tersebut, dilangsungkan Tari Wisisi masal berupa perang-perangan dan tari-tarian adat yang tentunya memiliki nilai spesial untuk disaksikan wisatawan.

Selain itu, Mini Festival Budaya Lembah Baliem juga akan dimeriahkan oleh penampilan grup band lokal, pasar murah, ajang pameran atau promosi serta penampilan dari Puteri Anak Papua 2021 dan Puteri Anak dan Remaja Papua 2022. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved