Viral Lomba Foto Jalan Rusak untuk HUT ke-77 RI di Sragen, Jadi Ajang untuk Kritik Pemerintah

Viral di media sosial lomba foto jalan rusak dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

(KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Ilustrasi jalan rusak - Viral di media sosial lomba foto jalan rusak dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Viral di media sosial lomba foto jalan rusak dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Penggagas lomba tersebut adalah Perkumpulan Pemuda Desa (PPD) Kabupaten Sragen.

Juru bicara PPD Sragen, Nico Wauran mengatakan lomba foto jalan rusak itu bisa menjadi wadah untuk mengkritik pemerintah.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat HUT ke-77 RI, Cocok Dibagikan di Media Sosial pada 17 Agustus 2022

Poster pengumuman Perkumpulan Pemuda Desa (PPD) menggelar lomba foto jalan rusak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
Poster pengumuman Perkumpulan Pemuda Desa (PPD) menggelar lomba foto jalan rusak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. ((KOMPAS.COM/Perkumpulan Pemuda Desa (PPD))

"Lomba ini juga mengingatkan kepada pemerintah bahwa mereka mempunyai kewajiban dalam pembangunan dan perbaikan jalan," kata Nico Wauran, Senin (8/8/2022).

Menurut Nico, sejumlah titik kerusakan jalan di wilayah Sragen tergolong parah. Mirisnya, kerusakan itu sudah lama tidak diperbaiki, bahkan terkesan dibiarkan.

"Karena sesuai data kami banyak jalan yang rusak di Kabupaten Sragen. Bahkan ada yang hampir 10 tahun tidak pernah diperbaiki," tegasnya.

Untuk itu, katanya, pihaknya mengajak audiensi usai pergelaran lomba foto tersebut. Harapannya jalan-jalan rusak itu akan segera diperbaiki.

"Setelah lomba ini kami pada Minggu ke-4 Agustus bakal berencana beraudiensi dengan pihak Pemerintah Kabupaten untuk tindak lanjut perbaikan dari jalan-jalan tersebut," jelasnya.

Baca juga: 20 Link Twibbon HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Hadiah Lomba

Seperti diketahui, lomba digelar dari 5-16 Agustus 2022. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 17 Agustus 2022.

Juara I akan mendapatkan uang tunai Rp 200.000, juara II sebesar Rp 100.000, dan juara III Rp50.000.

Syarat lomba adalah menampilkan foto kondisi kerusakan jalan rusak di wilayah Kabupaten Sragen.

Selain itu, foto diunggah dengan caption setidaknya berisi nama jalan, waktu pengambilan foto/gambar, lokasi dusun/desa/kelurahan, kecamatan di Kabupaten Sragen, dan menuliskan kalimat, Merdeka Indonesia, Merdeka Dari Jalan Rusak.

Unggah di Media Sosial

Nico menjelaskan, foto itu lalu diunggah di media sosial pribadi, baik Instagram dan/atau Facebook dan menandai akun, Perkumpulan Pemuda Desa, Bupati Sragen, DPUR Sragen, Diskominfo Sragen, Gubernur Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah, dan Presiden RI. Lalu, akun peserta diminta bersifat publik.

Kebenaran informasi foto merupakan tanggung jawab peserta dan keputusan panitia dalam menentukan juara bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Lomba Foto Jalan Rusak di Sragen Jadi Viral, Panitia: Ada yang 10 Tahun Tak Diperbaiki

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved