Korupsi di Papua

Pistol Ilegal Disita dari Ajudan Bupati Mamteng, Buron KPK Ricky Ham Pagawak Kabur ke Papua Nugini

Sepucuk pistol ilegal disita polisi dari tangan seorang ajudan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. RHP kabur ke Papua Nugini. Tangkap!

Tribun-Papua.com/Istimewa
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (kiri) bersama ajudannya Bripka SM. Polda Papua menyelidiki dugaan kepemilikan satu pucuk senjata api ilegal yang dipegang Bripka EW, satu di antara ajudan Bupati Mamberamo Tengah. (Istimewa) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kasus baru mencuat pasca-pelarian Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) ke Papua Nugini (PNG) usai ditetapkan tersangka kasus suap dan gratifikasi oleh  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sepucuk pistol ilegal disita polisi dari tangan seorang ajudan Bupati RHP.

Kini, Polda Papua menyelidiki dugaan kepemilikan satu pucuk senjata api ilegal yang dipegang Bripka EW, satu di antara ajudan Bupati Mamberamo Tengah, Papua itu.

Senjata api itu didapat ketika Polda Papua menahan empat anggota polisi yang selama ini bertugas menjadi ajudan dan pengawal pribadi (Walpri) Bupati RHP.

Baca juga: Ricky Ham Pagawak Diduga Telah Berada di Port Moresby Papua Nugini, KPK Terus Buru Koruptor

Ricky Ham Pagawak saat ini diduga kabur ke Papua Nugini (PNG) setelah dijadikan tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek pembangunan di Mamberamo Tengah oleh KPK.

"Kita sedang melakukan penyelidikan terkait masalah itu, hanya yang bersangkutan (Bripka EW) sedang menjalani proses di Propam," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, Rabu (10/8/2022).

Jenis senjata api yang diamankan dari Bripka EW merupakan senpi otomatis buatan Amerika Serikat.

"Jenis senjatanya M4," cetusnya.

Polisi belum dapat memastikan siapa sebenarnya pemilik senjata api tersebut dan masih membutuhkan waktu untuk mengungkapnya.

"Tentu kita akan berusaha mengembangkan penyelidikan tersebut," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved