Info Merauke

Merauke Jadi Lautan Merah Putih, Siap Sambut Kedatangan Mendagri Tito Karnavian Besok

Asisten I Sekda Merauke Agustinus Joko Guritno mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan Mendagri ke Merauke, bumi Anim Ha.  

Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Ketua Tim Advance kunjungan Mendagri yang juga Direktur Ideologi dan Wasbang Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan (kanan) didampingi Asisten I Sekda Merauke Agustinus Joko Guritno usai mengecek kesiapan di kantor Bupati Merauke, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Kabupaten Merauke disulap menjadi lautan merah putih jelang kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dalam pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara serentak seluruh Indonesia, Jumat (12/8/2022).

Direktur Idiologi dan Wasbang Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan mengatakan, tim advance atau tim pendahulu yang menyiapkan kunjungan Mendagri ke Merauke telah mempersiapkan secara matang. 

Pihaknya selaku Ketua Tim Advance kunjungan Mendagri terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Merauke. 

Baca juga: Masyarakat Papua Diminta Sukseskan HUT Kemerdekaan RI, Tokoh Adat: Jangan Mau Terprovokasi

"Kesiapan kunjungan Mendagri ke Merauke 12 Agustus. Siang ini persiapannya sudah bagus, kawasan Merauke sudah dipenuhi lautan bendera merah putih," ungkapnya kepada Tribun-Papua.com, di saat mengecek kesiapan di kantor bupati Merauke, Kamis (11/8/2022).

Sore ini, sambung Drajat, panitia akan melaksanakan gladi resik rundown acara kunjungan mantan Kapolri Tito Karnavian.

Dia menjelaskan, kedatangan mendagri adalah agenda tunggal pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih serentak ditiga titik yaitu Merauke, Banda Aceh, dan Surabaya. 

"Agenda tunggal saja yaitu pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih. Tidak ada agenda lain selain agenda tersebut," ungkap Drajat. 

Adapun output pencanangan gerakan pembagian bendera merah putih untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Semua masyarakat terlibat dan lebih mencintai tanah air. Mereka dapat mengibarkan bendera merah putih dimomen bulan kemerdekaan," tandasnya. 

Asisten I Sekda Merauke Agustinus Joko Guritno mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan Mendagri ke Merauke, bumi Anim Ha.  

"Ini suatu perhatian serius pemerintah pusat kepada Merauke, Ibu Kota Provinsi Papua Selatan yang sudah disahkan dalam Undang-undang. Momen yang sangat penting dibulan kemerdekaan," ucapnya. 

Pria kelahiran Merauke ini menuturkan, Pemkab Merauke sudah mempersiapkan semaksimal mungkin menyambut kedatangan mendagri. 

Baca juga: Semarak HUT ke 77 RI, Kota Jayapura Dibanjiri Pernak-pernik Merah Putih

"Kita sudah lakukan persiapan sampai siang ini pemasangan bendera merah putih. Paling lambat pukul 16.00 WIT kita kakukan gladi dan sebelum maghrib bendera merah putih sudah berkibar semua," kata Guritno. 

Dia menjelaskan, sejak kemarin sudah hadir Asisten I Sekda Provinsi Papua beserta rombongan. 

Agustinus Joko Guritno berharap, Sekda Provinsi Papua akan hadir besok saat puncak acara bersama seluruh elemen masyarakat Labupaten Merauke, etnis, tokoh agama, ASN, dan TNI-Polri. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved