Kedutaan Jerman Kunjungi Jayapura

Tingkatkan Potensi SDM Papua, Kedutaan Jerman Kunjungi Kampung Babrongko Jayapura 

Saya ke sini untuk melihat sejauh mana kerja sama kami dalam peningkatan pengelolaan hutan oleh masyarakat sesuai Program Kampung Iklim

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
KUNJUNGAN - Konselor Kerja Sama Pembangunan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman-ASEAN, Oliver Hoppe berkunjung ke Kampung Babrongko, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dalam rangka peningkatan SDM dan SDA, Kamis (11/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Cenderawasih, Konselor kerja sama pembangunan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman-ASEAN berkunjung ke Kampung Babrongko, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (11/8/2022).

Meriahkan HUT Ke-77 RI, Murid TK di Kabupaten Jayapura Ikuti Karnaval Bhineka Tunggal Ika

Konselor kerja sama pembangunan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman-ASEAN, Oliver Hoppe mengatakan kehadirannya di Kampung Babrongko, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua sebagai bentuk kerja sama Pemerintah Jerman dan Indonesia di tingkat kampung. 

"Saya ke sini untuk melihat sejauh mana kerja sama kami dalam peningkatan pengelolaan hutan oleh masyarakat sesuai Program Kampung Iklim (ProKlim) yang telah dilakukan bersama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Papua" jelas Oliver kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Sambut Kongres Masyarakat Adat, FKUB Kabupaten Jayapura Minta Polisi Tertibkan Penjualan Miras

Dia sangat senang berada di Kampung Babrongko, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua karena bisa belajar secara langsung tentang kebiasaan dan budaya masyarakat setempat 

Dia berharap, dengan kunjungan dapat menghasilkan hal-hal besar dalam Proklim yang telah dilakukan oleh Pemerintah Jerman dan Indonesia. 

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray menambahkan, pihaknya hanya mendampingi Konselor kerja sama pembangunan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman-ASEAN, Oliver Hoppe untuk melihat kerja sama berkelanjutan yang telah dilakukan Pemerintah Jerman dan Provinsi Papua. 

DPRD Kabupaten Jayapura Optimistis KMAN Ke-VI Sukses: Kita Pernah Menjadi Tuan Rumah PON

Menurutnya, di Kampung Babrongko ini sudah dibentuk kelompok penanganan hutan yang didampingi Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit Gmbh (GIZ).

Hasilnya beberapa program unggulan, seperti budidaya sagu, pengolahan tepung sagu, ulat sagu, pohon kembow yang diolah menjadi ukiran-ukiran, dan beberapa potensi lainnya.

Dari hasil kunjungan tersebut bakal menjadi bahan evaluasi Konselor kerjasama pembangunan di kedutaan Besar Republik Federal Jerman-ASEAN untuk peningkatan sumber daya alam dan manusia di Kampung Babrongko, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

Kodefikasi Kampung adat di Kabupaten Jayapura Bakal Diserahkan Presiden Jokowi 

"Kalau program ini berhasil, maka bakal dikembangkan lagi ke kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, sehingga pembangunan berkelanjutan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dapat terus berjalan dengan baik," ujarnya. 

Sementara itu, Yo Ondofolo (Kepala Suku) Kampung Babrongko, Ramses Wally menambahkan, masyarakat sangat bangga lantaran ada kunjungan dari Konselor kerja sama pembangunan di Kedutaan Besar Republik Federal Jerman-ASEAN ke kampung mereka. 

"Kami berharap kunjungan ini bisa membangkitkan unggulan dan potensi alam yang ada di kampung, seperti potensi ikan mujair yang bisa dikelola menjadi abon, sagu dan lain sebagainya,” tandasnya. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved