Kampung Adat

14 Kampung Adat di Kabupaten Jayapura Diakui Negara, Bupati: Ini Sejarah Baru Indonesia Untuk Papua 

Ini menjadi pioner sampai kapan pun di Kabupaten Jayapura, karena ini menjadi kabupaten pertama yang memiliki kampung adat di Papua

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
PENGAKUAN KAMPUNG ADAT - Wakil Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) John Wempi Wetipo menyerahkan 14 Kode Kampung Adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua di Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes), Jakarta Selatan.  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Jayapura. Saat ini sebanyak 14 kampung adat di Kabupaten Jayapura resmi diakui negara dan tercatat di administrasi negara. Dipastikan, 14 kampung adat ini menjadi kampung adat pertama di Indonesia yang diakui negara.

Kodefikasi Kampung adat di Kabupaten Jayapura Bakal Diserahkan Presiden Jokowi 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat dihubungi Tribun-Papua.com, Jumat (12/8/2022) malam mengatakan, 14 kampung adat tersebut sudah resmi terdaftar dan tercatat dalam administrasi negara. 

"Ini menjadi pioner sampai kapan pun di Kabupaten Jayapura, karena ini menjadi kabupaten pertama yang memiliki kampung adat di Papua dan Indonesia," kata orang nomor satu di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk mendapatkan status kampung adat yang diakui negara itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain memerlukan perjuangan, juga melalui kajian ilmiah secara mendalam. 

Identifikasi Kampung Adat, Tim Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak Kunjungi Kabupaten Jayapura

“Semua ini harus standar dan syarat yang ditentukan tim gugus tugas dari LSM dan akademisi,” terangnya.

Karena persyaratan untuk menjadi kampung adat harus memiliki sejarah asal usul, struktur, dan batas wilayah secara adat harus jelas dan diakui oleh kampung-kampung yang berada di sekitarnya.

Termasuk masyarakatnya juga harus mengakui dalam bentuk berita acara yang bisa dipertanggungjawabkan. Kemudian, dilakukan penelitan dan kajian secara mendalam dan ilmiah oleh gugus tugas.

Presiden Jokowi Akan Serahkan 14 Kodefikasi Kampung Adat saat Pembukaan KMAN di Papua

Selain 14 kampung adat tersebut, menurut Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, masih ada sekitar 30 kampung adat lain di Kabupaten Jayapura yang bakal diusulkan menjadi kampung adat yang sah dan tercatat oleh administrasi negara guna menyusul kampung adat sebelumnya. 

Masih menurut Mathius Awoitauw, pengesahan 14 Kampung adat tersebut juga menjadi kado ulang tahun Ke-9 kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura yang bakal dirayakan bersamaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN IV) pada 24 Oktober 2022 nanti. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved