Nasional

Sosok Ini Disebut Layak Jadi Pahlawan Nasional, Anak Presiden: Tidak Subjektif!

Megawati yang juga anak Presiden Soekarno itu menyebut Ratu Kalinyamat layak jadi Pahlawan Nasional tidak bersifat subjektif terhadap perempuan.

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Megawati yang juga anak Presiden Soekarno itu menilai Ratu Kalinyamat layak menyandang status Pahlawan Nasional. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Ratu Kalinyamat disebut layak menyandang status Pahlawan Nasional.

Hal ini disampaikan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Megawati yang juga anak Presiden Soekarno itu menyebut penilaiannya terhadap Ratu Kalinyamat menjadi Pahlawan Nasional tidak bersifat subjektif terhadap sesama kaum perempuan.

Baca juga: Geser Megawati Soekarnoputri, Dukungan Sosok Ini Diperhitungkan di Pilpres 2024, King Maker

Namun, Ratu Kalinyamat layak mendapat gelar pahlawan nasional atas kegigihan pada masanya dalam menghadapi penjajahan yang dilakukan oleh Portugis.

“Saya setuju nama beliau dijadikan pahlawan. Ini kembali bukan karena saya subjektif sama perempuan. Enggak loh, saya kan pernah tahu sebagai presiden untuk menjadikan seorang pahlawan itu tidak gampang," ujar Mega di atas Geladak Kapal KRI Dewaruci yang sedang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Lebih lanjut, Mega mengisahkan tentang Ratu Kalinyamat yang saat itu membangun kapal perang dan mengirimkannya untuk menyerang Portugis pada tahun 1551.

Kapal itu, jelas Mega, guna membantu Sultan Johor di Malaka, Sultan Ternate, Sultan Hitu, dan Sultan Aceh pada tahun 1574.

“Ratu Kalinyamat, Laksamana Malahayati dan Ratu Shima hanyalah sedikit contoh, betapa Nusantara begitu kaya dengan tokoh-tokoh Maritim, dan banyak diantaranya adalah tokoh perempuan," kata Megawati.

Baca juga: Geser Ganjar Pranowo, Sosok Ini Pegang Kunci Diusung Jadi Capres, Anak Presiden

Senada, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Ratu Kalinyamat menginspirasi para prajurit TNI Angkatan Laut (AL).

“Beliau sangat pemberani, punya kekuatan maritim, mempertahankan maritim bahkan sampai diplomasi dan menekan hukum saat itu,” jelas Yudo.

“Menginspirasi dan dukung nantinya diusulkan jadi pahlawan,” tambahnya.

Diketahui, TNI Angkatan Laut (AL) gelar temu wicara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara.

Baca juga: Pangkostrad Kirim 450 Prajurit TNI ke Papua, Moeldoko Ingatkan Aparat Tidak Terprovokasi KKB: Tumpas

Temu wicara dilaksanakan di atas Geladak KRI Dewaruci yang sedang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Dalam kegiatan itu hadir sebagai keynote speaker Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved