Info Merauke

Tito Karnavian Canangkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Merauke hingga Aceh

Rakyat Indonesia menyiapkan langkah-langkah dalam menaikkan rasa nasionalisme serta patriotisme sebagai bangsa yang plural. 

Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Mendagri Tito Karnavian (menggunakan mahkota Papua) mencanangkan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dihalaman kantor bupati Merauke, Papua, Jumat (12/8/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mencanangkan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dihalaman kantor bupati Merauke, Papua, Jum'at (12/8/2022).

Ini menjelang HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI), 17 Agustus 2022.

Pantauan Tribun-Papua.com, pencanangan itu diawali penancapan bendera merah putih oleh Mendagri bersama Sekda Papua, M Ridwan Rumasukun, para bupati di Papua Selatan dan Forkopimda. 

Mendagri Tito Karnavian lalu menyerahkan bendera merah putih secara simbolis kepada perwakilan Apdesi, PGRI, FKUB, Ketua Forum Anak, Kwarda Pramuka, perwakilan tokog adat atau kepala suku, tokoh agama, tokoh budaya, dan tokoh perempuan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Mendagri Tiba di Merauke Papua, Tito Karnavian Disambut Tarian Suku Marind Yelmek 

Mendagri dalam sambutannya mengatakan, pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dimulai dari Merauke, ujung timur Indonesia.

"Hari ini saya pilih dilaksanakan ditimur,saya ambil di Merauke dan saya sendiri, Mendagri yang hadir. Besok, Wamendagri John Wempi Wetipo, anak asli Papua yang memimpin acara di Banda Aceh," ungkap Tito Karnavian

Pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih diinisiasi Dirjen Polpum Kemendagri berlangsung selama 3 hari berturut-turut mulai 12-14 Agustus 2022. 

Mantan kapolri membeberkan, awalnya seremonial pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih hanya dilakukan di wilayah timur dan barat Indonesia.

Namun, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyanggupi penyelenggaraan tersebut sehingga ditambah titiknya di Surabaya.

"Gubernur Jatim katakan, bisa lakukan pembagian bendera merah putih dalam jumlah yang lebih besar. Sehingga saya atau salah satu perwakilan Kemendagri insya Allah akan mencanangkan di Surabaya, Minggu (14/8/2022)," katanya.

Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Merauke dan Pemerintah Provinsi Papua bersama Dirjen Polpum Kemendagri, telah menyiapkan langkah-langkah dalam menaikkan rasa nasionalisme serta patriotisme sebagai bangsa Indonesia yang plural. 

Dia merasa bersyukur melihat seluruh daerah baik provinsi hingga kabupaten/kota, pihak swasta, kantor dan masyarakat turut andil bergerak cepat membagikan bendera merah putih. 

Baca juga: Merauke Jadi Lautan Merah Putih, Siap Sambut Kedatangan Mendagri Tito Karnavian Besok

Tito berharap, pengibaran bendera merah putih diseluruh penjuru nusantara lebih dari 10 juta karena ada tambahan inisiatif dari masyarakat, perkantoran dan lain-lain.

"Pencanangan ini gerakan menyemarakkan atau menggelorakan semangat nasionalisme, patriotisme bangsa yang plural."

"Penduduk Idonesia memiliki b300 suku, bahasa, berbeda ras, agama dan lain-lain tapi kita mengikat satu yaitu Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved