Papua Barat Terkini

Luhut Tinjau Proyek Nasional di Sorong dan Raja Ampat: 'Infrastruktur Harus Dibarengi SDM Unggul'

Luhut juga menyinggung tentang pentingnya pendirian sekolah dan universitas unggul di Papua Barat. Sebab, pembangunan harus seimbang SDM unggul.

Tribun-Papua.com/Istimewa
PAPUA BARAT- Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja di Sorong dan Raja Ampat, pada Kamis (11/8/2022).(Dokumentasi Kemenko Marves) 

TRIBUN-PAPUA.COM, SORONG - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Sorong dan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Luhut ingin memastikan beberapa progres pembangunan infrastruktur di Papua Barat yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Major Project Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 lancar.

Ia menyoroti progres pembangunan Jalan Trans Papua, Bandara Siboru Fak Fak, Pelabuhan Sorong Eksisting dan Pelabuhan Arar, Pelabuhan Waisai, Bandar Udara Perairan (Seaplane).

Baca juga: Luhut Pandjaitan Melongo Melihat Infrastruktur di Sorong Papua Barat, Begini Katanya

Kemudian, infrastruktur biru sumber daya air, proyek Tangguh LNG Train 3, serta pengembangan ekonomi kawasan yang nantinya dapat meningkatkan rantai nilai sumber pangan lokal dan menunjang ketahanan pangan nasional.

"Melalui pembangunan-pembangunan ini bukan hanya dapat meningkatkan konektivitas dan keterisolasian, tetapi juga memajukan wilayah di Papua Barat," kata Luhut dalam kunjungan kerjanya ke Sorong dan Raja Ampat, dikutip dalam siaran persnya, Jumat (12/8/2022).

Luhut ingin agar seluruh pembangunan berjalan sesuai timeline yang sudah ditentukan.

Tentunya, dengan berlandaskan hasil studi sebagai acuan bekerja.

Pemerintah daerah didukung oleh pemerintah pusat dapat mengajak universitas setempat maupun akademisi lain untuk bantu menjalankan riset.

Misalnya, Bandar Udara Seaplane yang dibangun dekat dari Bandar Udara Marinda.

Setelah dilakukan studi dan pembangunan runway sepanjang 1.500 meter dan lebar 30 meter, nantinya akan dilanjutkan dengan pilot project pesawat amfibi N219.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved