Kongres Masyarakat Adat

Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Turjunkan Tim Survei Kesiapan Kampung Tempat Sarasehan

Tim ke kampung sekaligus meminta restu serta dukungan para Ondoafi, sebab mereka harus bersedia dalam menyambut masyarakat adat

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PERSIAPAN KONGRES - Panitia lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI melakukan pertemuan bersama tokoh adat untuk melakukan persiapan kongres agar berjalan lancar, Sabtu (13/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Berbagai persiapan untuk menyukseskan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) terus dilakukan panitia lokal maupun nasional. Termasuk terus melakukan koordinasi antara panitia lokal dengan panitia tingkat nasional.

PDAM Jayapura Siap Dukung Festival Danau Sentani dan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI

Setelah melakukan audiensi dengan Pemprov Papua, panitia tingkat lokal membentuk tim kecil yang bertugas melakukan survey ke kampung-kampung untuk mengecek kesiapan pelaksanaan sarasehan yang menjadi agenda Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI nanti.

Koordinator Tim Kunjungan Panitia Lokal KMAN VI di wilayah Sentani Timur, Albert Yoku mengatakan, pihaknya melakukan peninjauan di beberapa kampung yang menjadi tempat sarasehan.

Adapun kampung yang dikunjungi itu antara lain, di Kampung Yokiwa, Kampung Yoka, Kampung Waena, Kampung Nokla, Kampung Nendali, Kampung Asei Pulau dan Kampung Ayapo. 

Pembukaan dan Penutupan Kongres Masyarakat Adat Dipusatkan di Stadion Barnabas Youwe

Dalam kunjungan itu, pihaknya melakukan sosialisasi sekaligus meminta izin kepada para Ondoafi (Kepala Kampung) masing-masing kampung untuk membangun persepsi bersama guna mendukung acara yang akan dihadiri ribuan masyarakat adat dari sleuruh Indonesia.

"Kami meminta restu serta dukungan dari para Ondoafi, sebab mereka harus bersedia dalam menyambut para tamu nantinya,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam kunjungan tersebut para Ondoafi memberi respons positif. Mereka siap memberi dukungan dan menyukseskan Kongres Masyarakat Adat yang akan dilaksanakan di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Ini Alasan Majelis Rakyat Papua, Kongres Masyarakat Adat Harus Sukses

“Para Ondoafi juga siap menyambut tamu. Mereka juga memastikan seluruh kesiapan dan kenyamanan setiap kampung yang akan menjadi tempat para peserta kongres," terang Albert Yoku.

Selain itu, para Ondoafi juga melakukan peninjauan terhadap berbagai kesiapan fisik dan masih ada beberapa persen yang perlu dibenahi seperti, tempat mandi, dan sarana prasarana tempat tidur, listrik dan kebersihan.

"Panitia juga sudah harus bergerak melakukan pekerjaan dan mengecek kesiapan fasilitas pendukung lainnya yang diperlukan saat kongres nanti,” paparnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved