Semarak HUT Ke 77 RI di Papua

Semarak HUT Ke-77 RI, Ribuan Warga Kabupaten Merauke Ikut Pawai Budaya

Pawai budaya adalah salah satu rangakaian HUT Ke-77 RI di Merauke sebagai upaya bangkit dan pulih pasca pandemi Covid-19

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PAWAI BUDAYA - Para pelajar di Kabupaten Merauke mengikuti pawai budaya yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI di Merauke, Papua start dari Jalam Brawijaya depan monumen kapsul waktu dan kantor Bupati Merauke, Sabtu (13/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Ribuan warga di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua ikut pawai budaya.

Pantauan Tribun-Papua.com, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka melepas ribuan warga dari 109 kelompok pelajar, etnis dan paguyuban yang ada di Kabupaten Merauke untuk mengikuti pawai budaya.

SOSOK Anggota TNI AD Pelatih Calon Paskibra HUT RI di Kabupaten Merauke

Kegiatan tersebut mengambil start di Monumen Kapsul Waktu yang berada di Jalan Brawijaya. Kemudian, para peserta menyisir Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Mandala hingga finish di gedung negara Jalan Trikora Merauke.

Para pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi bersama seluruh etnis dan paguyuban di Merauke menampilkan keunikan dan performa terbaiknya.

Momen HUT RI, Pedagang Roti Bakar Asal Garut Pilih Hijrah ke Merauke Papua Jualan Bendera

Bupati Merauke, Provinsi Papua, Romanus Mbaraka kepada wartawan mengatakan, pawai budaya adalah salah satu rangakaian HUT Ke-77 RI di Merauke sebagai upaya bangkit dan pulih pasca pandemi Covid-19.

Sejalan dengan tema nasional HUT ke - 77 kemerdekaan RI yaitu pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

"Berdasarkan rekomendasi semua pihak, bisa kita laksanakan pawai budaya. Memberikan spirit kemerdekaan dan cinta tanah air lewat gerakan merah putih," tuturnya.

Kisah Pilu Puteri Papua Lulus Paskibra: Almarhumah Ibu Ingin Melihat Saya Jadi Paskibra

Bupati menjelaskan, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih se-Indonesia telah dicanangkan bersama mulai dari Merauke.

Romanus Mbaraka mengajak seluruh elemen masyarakat mengikat persaudaraan dan makin semangat untuk membangun negeri dibumi Anim Ha.

Jelang HUT Ke-77 RI, Penjual Bendera di Jayapura Mulai Menjajakan Pernak-pernik HUT RI

"Persatuan Indonesia kita luarbiasa. Kita kasih undangan pawai, semua respons. Meski kita batasi karena ini baru awal dan manajemen untuk mengatur mereka perlu kita evaluasi dan tata kembali," ungkapnya.

Bupati mengapresiasi seluruh institusi pendidikan, etnis, dan paguyuban di Merauke karena mau ikut ambil bagian dalam pawai budaya.

"Instansi lain tidak sempat, kalau mau diberi kesempatan mungkin sampai sore belum selesai. Masyarakat masih mengisi acara pawai," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved