Info Jayapura

Dinsos Kota Jayapura Fokus Tangani Anak Jalanan dan ODGJ

Irawadi mengatakan, pihaknga saat ini masih terus melakukan pendataan terhadap jumlah anak jalanan dan ODGJ di Kota Jayapura.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jayapura, Irawadi. Irawadi mengatakan, pihaknga saat ini masih terus melakukan pendataan terhadap jumlah anak jalanan dan ODGJ di Kota Jayapura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Peduli terhadap isu sosial kemasyarakatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura terus berfokus dalam penanganan anak jalanan dan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kota Jayapura Irawadi kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Selasa (16/8/2022).

"Dalam program kita memang, anak-anak jalanan dan ODGJ ini kita data, dan mereka sementara khusus untuk ODGJ kita tangani dengan bekerjasama Rumah Sakit Jiwa Abepura," tandasnya.

Irawadi mengatakan, pihaknga saat ini masih terus melakukan pendataan terhadap jumlah anak jalanan dan ODGJ di Kota Jayapura.

Selain itu, memang dikatakannya, dalam penanganan anak jalanan perlu dilakukan pembinaan karakter dan mendidik mereka dalam lingkungan yang berbeda.

"Mereka ini adalah bagian dari warga kota juga, yang memang kurang beruntung karena latar belakang beragam, mulai sudah tidak memiliki orangtua dan masalah lainnya," beber Irawadi.

Meski demikian, pihaknya akan tetap menertibkan para anak jalanan yang dinilai telah meresahkan warga sekitar.

"Kita akan bina dan panggil serta melakukan penelusuran terkait dengan keluarganya, dan mengapa ia sampai bisa menjadi anak jalanan," sebutnya.

Baca juga: Dinsos Kota Jayapura Tegaskan Aksi Minta Sumbangan di Jalan, Harus Ada Izin

Irawadi menyadari betul, jika anak jalanan masih memiliki potensi untuk dikembangkan skill ataupun keterampilannya.

"Untuk itu, hal ini menjadi perhatian kami ke depannya, agar bagaimana membuat suatu program yang jelas dan tepat untuk anak jalanan," tuturnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved