Info Jayapura

Maksimalkan PAD, Dispar Kota Jayapura Fokus Berantas Pungli di Objek Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Benoni Mano siap berantas pungli di objek wisata Kota Jayapura demi mengoptimalkan PAD.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Benoni Mano. Diketahui, Matias siap berantas pungli di objek wisata Kota Jayapura demi mengoptimalkan PAD Kota Jayapura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura berfokus berantas Pungutan Liar (Pungli) di sejumlah objek wisata.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Benoni Mano, kepada Tribun-Papua.com Selasa (16/8/2022).

"Memang tidak dapat dipungkiri bahwa, sejumlah objek wisata pantai di Kota Jayapura, masih marak pungutan liar terutama jalan-jalan masuk pantai," akui Matias.

Lelaki murah senyum itu mengatakan, pihaknya akan berupaya meminimalisir aksi pungli yang cuku marak.

"Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat tidak memalang jalan dan meminta-minta sumbangan ilegal ataupun pajak memajak di jalan masuk tempat wisata," katanya.

Ke depan, Matias menegaskan pihaknya akan terus berusaha menyemaratakan harga pondok ataupun biaya masuk di sejumlah pantai.

"Misalnya Pantai Hamadi itu memang kita masih berupaya tertibkan, walaupun memberikan pemahaman kepada masyarakat cukup sulit, tetapi saya yakin kalau ada dampak positif dari wisata yang dirasakan secara langsung tentu kebiasaan akan berubah," jelasnya.

Untuk menyemaratakan harga, Dinas Pariwisata Kota Jayapura akan tetap menjalin komunikasi dengan masyarakat.

"Kita harapkan dalam pengembangan objek wisata itu harus ada sistem bagi hasil, meski pemasukan Pemerintah nilainya sedikit dibanding yang diterima masyarakat, tentu tak menjadi soal karena yang terpenting dapat membantu PAD Kota Jayapura," tuturnya.

Baca juga: Dinsos Kota Jayapura Fokus Tangani Anak Jalanan dan ODGJ

Dalam kesempatan itu, Matias menyebutkan sebanyak 70 persen PAD Kota Jayapura dikontribusikan oleh sektor pariwisata.

"Saat ini geliat pariwisata dan ekonomi kreatif mulai bangkit, dan sudah kita rasakan kembali animonya, pasca Pandemi Covid-19," ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved