HUT ke 77 Kemerdekaan RI

Sambut HUT RI, Pemkab Keerom Gelar Festival Merah Putih, Bupati: Bangkitkan Semangat Kemerdekaan!

Festival ini dilaksanakan di lapangan sepak bola Swakarsa, dan melibatkan seluruh masyarakat, komunitas musik, hingga para pelaku UMKM di Keerom.

istimewa
Bupati Keerom, Piter Gusbager, gelar Festival Merah Putih di Keerom. Festival ini dilaksanakan di lapangan sepak bola Swakarsa, dan melibatkan seluruh masyarakat, komunitas musik, hingga para pelaku UMKM di Keerom. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menyemarakan HUT ke-77 RI, Pemkab Keerom menggelar Festival Merah Putih.

Dari pantauan Tribun-Papua.com, festival ini dilaksanakan di lapangan sepak bola Swakarsa, dan melibatkan seluruh masyarakat, komunitas musik, hingga para pelaku UMKM di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

"Festival ini untuk menyambut HUT ke-77 RI nanti.”

“Dalam acara ini ada berbagai kegiatan yang digelar, di antaranya perlombaan musik yang diikuti 14 grup band di Keerom dan Jayapura," kata Bupati Keerom, Piter Gusbager, saat dikonfirmasi Tribun-Papua.com, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, perlombaan tersebut bakal dinilai dari berbagai aspek, karena ada piala bergilir serta dana pembinaan bagi para pemenang.

Untuk hadiah, juara pertama mendapat Rp 30 juta, juara kedua terima Rp 15 juta, dan juara ketiga raih Rp 20 juta.

Adapun juara favorit mendapat Rp 15 juta.

"Hadiah ini sebagai pembinaan untuk para peserta, yang bertujuan untuk merangsang industri seni dan budaya yang ada di Kabupaten Keerom," ujarnya.

Baca juga: Ini Strategi Ketua HKTI Papua, Piter Gusbager Sejahterakan Kehidupan Petani

Selain itu, Pemkab Keerom juga menggelar beberapa kegiatan, seperti karnaval tingkat pelajar, TK, SD, SMP, dan SMA, serta pameran UMKM bagi para kelompok usaha.

Sebanyak 48 kelompok usaha mengikuti festival tersebut, dan semuanya adalah pelaku usaha lokal asli di Kabupaten Keerom.

"Dalam pameran ini mereka menampilkan berbagai produk unggulan daerah, seperti kuliner, buah-buahan, hingga kerajinan tangan," katanya.

Menurutnya, pameran UMKM bertujuan untuk mendorong dan membangkitkan ekonomi kreatif yang ada di Keerom.

"Jadi pameran ini juga sebagai gerakan transformasi koperasi untuk kebangkitan ekonomi di Kabupaten Keerom, sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah terhadap pemulihan ekonomi berjalan dengan lancar dan maju," jelasnya.

Baca juga: Terkait DOB, Bupati Piter Gusbager: Pemekaran Penting Tinggal Kebijakan Pusat

Dalam momen HUT ke-77 RI, orang nomor satu di Keerom itu juga meminta agar pemuda harus bangkit memanfaatkan potensi daerah yang ada saat ini.

"Pemuda jangan bermalas-malasan, kalian harus tetap rajin, untuk mengisi kemerdekaan ini dengan tidak berpangku tangan, dan harus belajar karena pemuda adalah calon-calon pemimpin masa depan, jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang buruk, tetapi terus mau untuk belajar dalam memanfaatkan agar dapat bersaing dalam kompetisi global pada hari ini," ujarnya.

Sementara untuk masyarakat Keerom, Bupati Piter Gusbager berpesan agar dapat menjaga Kemerdekaan Republik Indonesia dengan sebaik mungkin.

"Kemerdekaan ini sudah diisi dan dipertahankan dengan keringat, darah serta tetesan air mata, maka itu masyarakat tidak disalah menggunakan HUT ke-77 RI ini dengan hal-hal yang tidak bermanfaat  mari kita menjaga dan terus merawat kemerdekaan Republik Indonesia dengan sebaik mungkin,"pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved