Hanya di Papua

HANYA DI PAPUA: Eks Panglima OPM Hadiri Upacara Perayaan HUT ke-77 RI di Keerom Papua

Seusai mengikuti Upacara HUT ke-77 RI, Lamber selaku pimpinan tertinggi OPM Papua Merdeka itu langsung mendapatkan pelukan hangat dari Bupati Keerom.

Tribun-Papua.com/ Calvin
Eks Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM), Lamber Pekikir foto bersama dengan Danrem 172/PWY J O Sembiring yang didampingi Bupati Piter Gusbager Usai pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Lapangan Bola Swakarsa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Danrem 172/PWY J O Sembiring mengatakan Eks Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM), Lamber Pekikir ingin Kabupaten Keerom harus tetap damai, maka itu masyarakat harus terus menjaga kedamaian tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Eks Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM), Lamber Pekikir hadir dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Lapangan sepak bola Swakarsa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Rabu (17/8/2022).

Sesuai Pantauan Tribun-Papua.com, eks pimpinan tertinggi OPM  yang mengenakan kemeja batik dan celana panjang hitam terlihat begitu serius mengikuti seluruh prosesi upacara HUT ke-77 Republik Indonesia yang sedang berlangsung di lapangan tersebut.

Dia duduk di barisan kedua, tepat dibelakang para perangkat daerah yang menghadiri upacara HUT ke-77 Republik Indonesia.

Baca juga: Peringatan HUT RI, Satgas TMMD dan Warga Mimika Barat Upacara Bersama

Lamber terlihat begitu tenang dan menikmati seluruh prosesi upacara yang berlangsung di lapangan tersebut hingga selesai.

Seusai mengikuti Upacara HUT ke-77 RI, Lamber yang selaku pimpinan tertinggi OPM Papua Merdeka itu langsung mendapatkan pelukan hangat dari orang nomor satu di Kabupaten Keerom, Bupati Piter Gusbager.

Nampaknya kehadiran Eks Pimpinan Tertinggi OPM Papua Merdeka, Lamber Pekikir atas undangan Danrem 712/PWY, J O Sembiring yang juga merupakan sahabat lamanya saat dia masih berpaling dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 20 tahun silam.

Danrem 712/PWY, J O Sembiring yang didampingi Bupati Keerom, Piter Gusbager mengatakan, kehadiran Lamber Pekikir dalam upacara HUT ke-77 RI ini untuk menunjukan bahwa Kabupaten Keerom adalah tempat yang damai dan aman.

Baca juga: Lengserkan Daerah se-Tanah Tabi, Piter Gusbager: HUT RI Paling Meriah di Keerom

"Saya dan Pak Lamber mau menunjukan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kabupaten Keerom ini damai, dan seluruh masyarakat di sini ingin maju sama seperti daerah lain diluar Papua," Kata Danrem 172/PWY J O Sembiring.

Menurut Danrem 172/PWY J O Sembiring, selain menghadiri upacara HUT ke-77 RI, dia bersama Eks Pimpinan OPM Papua Merdeka, Lamber Pekikir juga tengah melakukan berbagai kegiatan untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sebelumnya saya dan sahabat saya Pak Lamber, kami juga telah melaksanakan berbagai kegiatan di Kampung Workwana, Distrik Arso, untuk menyambut HUT Ke-77 RI seperti melakukan renungan suci, dan menyalakan 100 lilin untuk merayakan kemerdekaan sekaligus mengenang serta mendoakan para pahlawan yang telah mendahului kita," jelasnya.

Baca juga: Pesan Anak Papua saat Pimpin Upacara HUT RI di Tembagapura: Freeport Harus Gandeng UMKM Lokal

Sebagai Danrem 172/PWY, JO Sembiring juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Keerom untuk terus membangun Kabupaten Keerom yang damai.

"Ini sesuai pernyataannya Pak Lamber pada Selasa (16/8/2022) kemarin, bahwa masyarakat harus menolak kekerasan, jika ada permasalahan maka kita melakukannya dengan cara berdialog," ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved