HUT ke 77 Kemerdekaan RI

Pesan Anak Papua saat Pimpin Upacara HUT RI di Tembagapura: Freeport Harus Gandeng UMKM Lokal

Sekitar 700 karyawan PT Freeport Indonesia areal Tembagapura, tampak mendengarkan amanat Inspektur Upacara HUT Ke-77 Republik Indonesia di Tembagapura

Tribun-Papua.com/ Gus Choi
KOLABORASI - Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia memberikan keterangan terkait harapannya agar PT Freeport Indonesia agar melakukan kolaborasi dengan UMKM lokal agar terbentuk kemitraan dan dampak postif kehadiran investasi bisa dirasakan masyarakat sekitar. 

Laporan Jurnalis Tribun-Papua.com, Choiruman

TRIBUN-PAPUA.COM, MIMIKA - Suasana khidmat mewarnai Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang digelar di Sporthall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Rabu (17/8/2022).

Sekitar 700 karyawan PT Freeport Indonesia areal Tembagapura, tampak mendengarkan amanat Inspektur Upacara HUT Ke-77 Republik Indonesia di Tembagapura, Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

Sekitar 30 menit, putra Papua ini membacakan amanatnya di depan ratusan peserta upacara yang merupakan karyawan PT Freeport Indonesia, dan juga dihadiri para direksi, termasuk Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia, Tony Wenas yang didaulat membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Baca juga: Dorong Green Energy, Bahlil: Indonesia Harus Terdepan

Dalam amanatnya, Bahlil mengingatkan PT Freeport Indonesia agar selalu berkolaborasi dengan pengusaha lokal, serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, agar terbentuk kemitraan yang berkelanjutan, sehingga tercipta dampak positif pada pertumbuhan ekonomi di daerah yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

“Setiap investasi yang masuk ke Indonesia harus berkolaborasi dengan pengusaha dan UMKM daerah. Kita harus menjadikan daerah sebagai tuan di negeri sendiri,” kata Bahlil yang disambut tepuk tangan peserta upacara.

Masih dalam amanatnya, Bahlil mengungkapkan rasa bangganya sebagai putra daerah yang tumbuh dan berproses di Tanah Papua. Apalagi saat ini bisa berdiri di podium untuk memimpin jalannya Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Pemkot Jayapura Gelar Upacara HUT Ke-77 RI di Koya Timur, Frans Pekey: Rajut Kebersamaan

Melalui momentum HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Bahlil mengajak seluruh elemen masyarakat Papua untuk bersama-sama menumbuhkan semangat kolektif dan kolaboratif.

Karena persatuan bangsa menjadi modal kuat bagi Indonesia untuk mampu melewati tantangan dan ancaman resesi global, serta bangkit bersama menjadi negara maju.

Pada kesempatan tersebut, Bahlil juga menyampaikan rasa optimistisnya terhadap investor dalam dan luar negeri yang semakin meningkat terhadap kebijakan pemerintah khususnya di bidang invetasi.

Hal ini ditandai capaian realisasi investasi pada triwulan I 2022, sebesar Rp 282,4 triliun, lebih tinggi 28,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia adalah Indonesia. Di Asia Tenggara kita di bawah Vietnam, tetapi di G20, kita yang terbaik. Karena cadangan devisa di 2022 adalah Rp 20.000 triliun. Termasuk Inflasi Indonesia juga salah satu yang terbaik di dunia.

Baca juga: Pesan Mendalam Menteri Investasi Usai Lepas Pengiriman Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia

Bahlil juga mengapresiasi langkah PT Freeport Indonesia yang membangun industri smelter terbesar di dunia di JIIPE, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Diharapkan pembangunan smelter tembaga kedua PT Freeport Indonesia ini berjalan sesuai target pada akhir 2023 dan mulai beroperasi pada Mei 2024.

PT Freeport Indonesia bukan lagi milik asing. PT Freeport Indonesia sudah milik bangsa Indonesia, karena 51 persen sahamnya milik Indonesia. Tambang Freeport ini adalah salah satu yang berkelas di dunia.

“Kalau kita mampu mengelola dengan baik, ini akan memberikan satu bargaining posisi tersendiri Indonesia di mata dunia, bahwa kita sebagai anak negeri bisa mengelola sumber daya dalam negeri dengan baik,” tegas Bahlil. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved