Semarak HUT Ke 77 RI di Papua

Brigjen Gatot Mardiyono Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Air di Merauke Papua

Pengibaran bendera yang digelar di perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini (RI-PNG), itu berlangsung pada Rabu (17/8/2022).

Tribun-Papua.com/Istimewa
Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono mengenakan mahkota Papua saat mengibarkan bendera merah putih bawah air dikedalaman 7 meter danau Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, perbatasan RI-PNG, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen (Mar) Gatot Mardiyono selaku inspektur upacara memimpin pengibaran bendera merah putih dari bawah air di danau Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Pengibaran bendera yang digelar di perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini (RI-PNG), itu berlangsung pada Rabu (17/8/2022).

Pengibaran bendera merah putih di bawah air itu dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI secara serentak di 77 lokasi se-Indonesia, sekaligus meraih rekor Muri.

Baca juga: Lukas Enembe: Mari Isi Kemerdekaan dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Hal itu sesuai arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang mengusung tema 'membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat”.

Komandan Yonmarhanlan XI Merauke Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba bertindak sebagai komandan upacara, bersama personil Sat Polirud Novrin dengan dua anggota Basarnas Merauke Andi wiliams dan Amrosius, serta dua anggota Lantamal XI Serda Bah Alex Lasahar dan Serda Mar Ari jalul Mufit.

Titik pengibaran bendera merah putih dikedalaman 7 meter.

“Kami dari TNI AL mengadakan upacara yang sedikit d iluar kebiasaan," kata Danlantamal XI. 

Biasanya, sambung Brigjen Gatot Mardiyono, pengibaran bendera merah putih tidak serentak di bawah air.

Namun, tahun ini, Merauke salah satu dari 77 tempat penyelaman secara bersamaan yang dipimpin Kasal dari Pulau Putri Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Supaya masayarakat Indonesia lebih mencintai lagi kemaritiman dan kebahariawan seperti yang kita ketahui bersama. Apa yang dicanangkan bapak Presiden bahwa kekayaan Indonesia paling banyak berasal dari laut,” ungkap jenderal bintang satu ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved