Papua Terkini

Dua Kapal Terbakar di Kabupaten Mappi Papua, Polisi: Satu Orang Tewas, Empat Hilang

Korban meninggal dunia bernama Markus Tangke, sedangkan 4 orang yang masih belum ditemukan masing-masing atas nama Pardi, Herman, Rama, dan Ucok.

Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat menunjukan foto dua unit kapal yang terbakar di dermaga milik Pertamina di Kampung Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua, Kamis (18/8/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Satu orang meninggal dunia dan empat lainnya dilaporkan hilang dalam peristiwa kebakaran kapal di dermaga milik Pertamina di Kampung Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua, Kamis (18/8/2022), sekira pukul 01.45 dini hari.

Korban meninggal dunia tersebut bernama Markus Tangke, sedangkan 4 orang yang masih belum ditemukan masing-masing atas nama Pardi, Herman, Rama, dan Ucok.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, insiden ini berawal dari kapal kayu Purnama milik Ucok.

Baca juga: Lagi, Kapal Nelayan Alami Mati Mesin dan Hilang di Perairan Timika

Menurut keterangan saksi, kapal kayu Purnama tersebut sedang berlabuh di dekat kapal minyak landing craft tank (LCT) milik Pertamina.

Kemudian, api keluar dari kapal kayu Purnama, lalu menyambar kapal minyak LCT Pertamina dan membakar seluruh bodi kapal.

Polda Papua masih masih menunggu hasil penyelidikan terkait penyebab kebakaran ini.

“Masih dilakukan penyelidikan oleh personel Satu Kamal di Media Center Mapolda Papua.

Dia melanjutkan, ketika itu, kapal minyak LCT Pertamina baru saja selesai melakukan bongkar muat bahan bakar minyak (BBM).

“Namun, karena belum ada surat jalan kembali ke Merauke, kapal memilih bertahan di Kampung Asgon sambil menunggu surat dikeluarkan dari Dinas Perhubungan,” imbuhnya.

Baca juga: Indekos Terbakar, Warga Ini Lari Tak Bawa Barang, Motornya Ikut Ludes Dilahap Si Jago Merah

Total ada 16 korban, terdiri dari 12 korban dari kapal minyak LCT Pertamina yang satu di antaranya meninggal dunia, dua orang belum ditemukan, dan sisanya mengalami luka bakar.

Kemudian, empat korban dari kapal kayu Purnama dengan rincian, dua orang masih hilang atau belum ditemukan, serta dua lainnya juga mengalami luka bakar dan sedang mendapat perawatan.

“Kejadian kebakaran telah ditangani oleh Satuan Reskrim Polres Mappi dan memeriksa saksi-saksi. Sedangkan untuk korban yang belum ditemukan dalam pencarian oleh personel gabungan,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved