Pemkot Jayapura

Pemkot Jayapura Fokus Tekan Angka Covid-19, Warga Diimbau Tetap Disiplin Pakai Masker 

Ni Nyoman mengatakan kedisiplinan terhadap prokes harus jadi perhatian serius semua pihak, termasuk masyarakat. 

Tribun-Papua.com/Stella Lauw
Kadis Kesehatan Kota Jayapura, dr Ni Nyoman Sri Antari ketika diwawancarai awak media di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Jayapura. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota Jayapura tengah fokus menekan angka kasus aktif Covid-19 yang kembali mengalami kenaikan.

Warga di ibu kota Provinsi Papua diimbau agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, dengan tetap mengenakan masker. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura dr Ni Nyoman Sri Antari kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (18/8/2022). 

"Iya angka kasus aktif kita memang terus mengalami kenaikan, per 16 Agustus 2022 kemarin itu, ada total 147 pasien yang masih dirawat," ujarnya.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Melonjak Naik, Pemkot Jayapura Segera Lakukan Rapat Evaluasi Pekan Depan

Ni Nyoman mengatakan kedisiplinan terhadap prokes harus jadi perhatian serius semua pihak, termasuk masyarakat. 

"Jangan dianggap sepele, karena ada satu pasien yang cukup serius gejalanya dan harus dirawat di ICU," imbaunya.

Ia juga membeberkan dari 147 pasien yang dinyatakan positif Covid-19, sebagian besar penyebarannya melalui transmisi lokal, bukan dari perjalanan ke luar daerah.

"Sejak penambahan kasus aktif di Kota Jayapura, sudah ada 1 pasien yang meninggal, untuk itu memang ini harus menjadi perhatian kita bersama," tuturnya.

Ditanya soal capaian vaksinasi Covid-19, Ni Nyoman menuturkan saat ini golongan anak-anak menjadi sasaran utama, sehingga memang kerentanan penularan terhadap anak cukup rendah. 

"Saat ini vaksinasi Covid-19 di Kota Jayapura untuk dosis 1 sebesar 75 persen, dosis 2 capai 55 persen, dan dosis 3 atau booster masih 17 persen," jelasnya.

Sementara itu, untuk lansia masih menjadi pekerjaan rumah Dinkes Kota Jayapura, untuk meningkatkan capaian vaksinasinya.

"Makanya itu masih perlu melibatkan semua komponen, baik itu tokoh-tokoh agama di tempat ibadah, tokoh masyarakat dan para pemuda untuk sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi lengkap Covid-19," jelasnya.

Baca juga: UPDATE: Kasus Aktif Covid-19 di Kota Jayapura Capai 53 Orang, Terbanyak di Distrik Jayapura Utara

Ni Nyoman menyebuit, Pemkot Jayapura bersama Forkopimda akan mengadakan Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kantor Wali Kota Jayapura pada Jumat (19/8/2022). (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved