Tembak Sejumlah Kucing di Lingkungan Sesko TNI Bandung Pakai Senapan Angin, Ini Alasan Brigjen NA

Penembakan terhadap sejumlah kucing di lingkungan Sesko TNI di Bandung dilakukan oleh perwira tinggi TNI berinisial Brigjen NA.

Freepik
Ilustrasi kucing - Penembakan terhadap sejumlah kucing di lingkungan Sesko TNI di Bandung dilakukan oleh perwira tinggi TNI berinisial Brigjen NA. Ini alasan Brigjen NA menembak kucing-kucing tersebut. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Penembakan terhadap sejumlah kucing di lingkungan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI Bandung, Jawa Barat, dilakukan oleh perwira tinggi TNI berinisial Brigadir Jenderal (Brigjen) NA.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa.

Brigjen NA mengungkapkan alasannya menembaki kucing kepada komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI.

Baca juga: Viral Kasus Penembakan Kucing di Sesko TNI, Jenderal Andika Perintahkan Jajarannya Usut Tuntas

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing (Mpala Live!)

Dalam pengakuannya, Brigjen NA beralasan ingin menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal dan tempat makan para perwira siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar.

Brigjen NA yang merupakan anggota organik Sesko TNI menyebut tindakannya itu ia lakukan bukan karena mempunyai rasa benci kepada kucing.

"Berdasarkan pengakuannya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal/tempat makan Perwira Siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar dan bukan karena kebencian terhadap kucing,” kata Prantara dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Adapun Brigjen NA telah dimintai keterangan langsung oleh komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI pada Rabu (17/8/2022) malam.

Baca juga: Viral Video Pengendara ke Bengkel untuk Keluarkan Kucing, Ngaku Kebingungan Terus Dengar Suara

Kasus ini langsung diselidiki usai Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memerintahkan jajarannya untuk mengusut kasus ini.

Dalam penyelidikan ini juga diketahui bahwa Brigjen NA menembaki kucing dengan menggunakan senjata angin miliknya pada Selasa (16/8/2022), sekitar pukul 13.00 WIB.

“Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA telah menembak beberapa ekor kucing dengan menggunakan senapan angin milik pribadi,” ujar Prantara.

Setelah memberikan pengakuan tersebut, kini Tim Hukum TNI akan menindaklanjuti proses hukum berikutnya terhadap Brigjen NA.

Proses hukum ini dilakukan karena Brigjen NA diduga melanggar Pasal 66 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Baca juga: Cerita Petugas Damkar Kota Surabaya, Selamatkan Anak Kucing yang Terjebak Saluran Air

“Dan Pasal 66A, Pasal 91B UU Nomot 41 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang Undang nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan,” imbuh dia.

Untuk diketahui, peristiwa dugaan penembakan terhadap sejumlah kucing di lingkungan Sesko TNI pertama kali diunggah oleh pengguna Instagram @rumahsinggahclow.

Dalam postingan mereka terlihat sejumlah kucing ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Selain itu juga ditemukan beberapa kucing selamat namun dalam kondisi mengenaskan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Alasan Brigjen NA Tembak Kucing di Sesko TNI: Jaga Kenyamanan dan Kebersihan

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved