Pemkab Jayapura

Tahun Depan Kemkominfo Tetapkan Kabupaten Jayapura sebagai Smart City!

Berdasarkan hasil penilaian dalam penyusunan master plan Smart City tingkat provinsi Papua pada 3 Juni 2022 lalu.

Tribun-Papua
Kepala Disnas Diskominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon. Katanya, Pemkab Jayapura bakal ditetapkan sebagai smart city pada 2023 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua bakal ditetapkan menjadi kota cerdas (Smart City) pada 2023.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil penilaian dalam penyusunan master plan Smart City tingkat provinsi Papua dengan Nomor B-348/DJAI/AI.01.02/06/2022, pada 3 Juni 2022 lalu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mengatakan bumi Kenambai-Umbai dipilih menjadi Smart City lantaran telah memiliki teknologi infrastruktur yang cukup menunjang untuk menjadi kota cerdas.

Baca juga: Gustaf Griapon Dorong Peningkatan PAD Jayapura dari Sektor Diskominfo

"Penilaian itu berdasarkan infrastruktur teknologi informasi dan non teknologi informasi, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Inflasi daerah serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan berbagai kerjasama dengan semua pihak non pemerintahan yang ada di Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua," jelas Gustaf saat di Konformasi Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (19/8/2022).

Atas hasil itu, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, melalui  diminta untuk dapat melengkapi dan mempelajari draft nota kesepakatan bersama antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian komunikasi dan informatika tentang Implementasi gerakan menuju Smart City.

"Semua ini sudah kami siapkan, karena di tahun 2023 ada Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Jayapura dan Kementerian Kementerian komunikasi dan informatika terkait Smart City ini," ujarnya.

Baca juga: Gustaf Griapon: Diskominfo Jayapura Bangun Aplikasi Website Distrik dan Kampung

Namun menurut Gustaf, Pada intinya Pemkab Jayapura berkomitmen dan siap melakukan MoU bersama Kementerian Kementerian komunikasi dan informatika terkait komitmen menjalankan Smart City di bumi Kenambai-Umbai pada tahun 2023 mendatang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved