Pemilu 2024

Titik Rawan Tahapan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024, Ini Kata Bawaslu Kota Jayapura!

Bawaslu Kota Jayapura menyampaikan, ada beberapa titik rawan yang menjadi fokus pengawasan saat verifikasi administrasi Partai Politik (Parpol).

Penulis: Stella Lauw | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Stella Lauw
Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Frans Rumsarwir dalam diskusi Ngopi Jahe bersama jurnalis membaca titik rawan tahapan verifikasi administrasi partai politik peserta Pemilu 2024 di Kota Jayapura, di Kedai Panento, Abepura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Stella Lauw

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jayapura menyampaikan, ada beberapa titik rawan yang menjadi fokus pengawasan saat verifikasi administrasi Partai Politik (Parpol).

Satu di antara titik rawan tersebut adalah system yang belum maksimal. Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Frans Rumsarwir dalam diskusi Ngopi Jahe bersama jurnalis, di Kedai Panento, Abepura, Kamis (18/8/2022).

"Dari pantauan kami, di KPU juga belum terakses dengan baik, sering kali macet ini menjadi kendala,” kata Frans.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Jayapura Gelar Diskusi Bahas Perbaikan DPT

Untuk itu, pihaknya khawatir akan bermasalah saat tahapan sudah berjalan pada 26 Agustus 2022.

“Ketakutan kita adalah data ganda, ketika hal ini ditemukan maka syaratnya tidak memenuhi,” ujarnya.

 

 

Kata Frans, potensi persyaratan partai harus ditindaklanjuti oleh partainya, harus secara serius dilakukan dengan sistem informasi partai politik (Sipol).

“Dalam dua hari ini belum maksimal. Kami takutkan, jangan sampai diakhir dari verifikasi administrasi ada partai yang belum memenuhi syarat sehingga harus mengikuti verifikasi faktual," katanya.

Ia berharap tahapan ini, semua berkas bisa berjalan dengan baik sehingga ketika masuk di verifikasi faktual semua berjalan lancar. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved