Beasiswa Anak Papua

Pemerintah Selandia Baru Beri Beasiswa Anak Papua, Jubir: Mimpi Mereka Bisa Terwujud

Beberapa waktu lalu para mahasiswa asal Papua yang belajar di luar negeri sempat terancam pendidikannya akibat perubahan UU Otsus Papua

Penulis: Stella Lauw | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
SELANDIA BARU - Juru bicara (Jubir) Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus memberikan keterangan terkait pemberian beasiswa Pemerintah Selandia baru kepada anak-anak Papua yang belajar di negara tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Stella Lauw.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyambut baik Pemerintah Selandia Baru yang telah memberi beasiswa kepada mahasiswa asal Bumi Cenderawasih yang sedang menjalani pendidikan di negara tersebut.

Ratusan Mahasiswa Papua di Luar Negeri Terpaksa Dipulangkan, Ini Penyebabnya

Apresiasi itu dikatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe melalui juru bicara gubernur, Muhammad Rifai Darus. Menurutnya, Selandia Baru adalah salah satu negara yang memiliki kepedulian besar terhadap pendidikan di Papua selama ini.

Berdasarkan data dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua disebutkan, hingga Mei 2022 terdapat 59 mahasiswa yang sedang belajar di Selandia Baru, mulai jenjang S1, S2, S3 serta mahasiswa profesi dan vokasi.

Dana Rp 300 Miliar Disiapkan Bayar Tunggakan Biaya Mahasiswa Papua di Lima Negara

Selain itu, Pemprov Papua juga menyambut baik atas rencana peningkatan pemberian beasiswa dari pemerintah Selandia Baru kepada putra-putri Papua yang menjalani studi di Selandia Baru.

"Pak gubernur sangat mengapresiasi rencana tersebut. Beberapa waktu lalu para mahasiswa asal Papua yang belajar di luar negeri sempat terancam keberlangsungan pendidikannya akibat perubahan UU Otsus Papua," katanya.

Adanya niat dan rencana dari Pemerintah Selandia Baru tersebut, tentu menjadi kebahagiaan anak-anak Papua untuk dapat melanjutkan pendidikannya, guna meraih mimpi mereka dalam menggapai ilmu setinggi dan sejauh mungkin segera terwujud.

142 Mahasiswa Papua di Luar Negeri Dipulangkan, Aryoko : Tidak Menyelesaikan Studi Tepat Waktu

Perlu diketahui, dalam beberapa waktu ke depan, Gubernur Papua, Lukas Enembe akan menjadwalkan kunjungan ke Jakarta untuk bertemu dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia.

"Pertemuan tersebut secara khusus akan membahas sektor pendidikan dan beasiswa bagi putra-putri Papua di Selandia Baru," terangnya.

Gubernur juga menitipkan pesan kepada seluruh mahasiswa Papua yang kini berada di Selandia Baru untuk terus fokus menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu.

Beasiswa Dibatalkan tanpa Peringatan, Mahasiswa Papua di Australia Terlantar: Biaya Kuliah Menunggak

“Rasa bangganya terhadap seluruh mahasiswa Papua yang tersebar di banyak negara, dimana kelak nantinya seluruh ilmu dan keahlian yang didapatkan dari tempat studi dapat diaplikasikan untuk Papua demi tercapainya visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan." katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved