KKB papua

Detik-detik KKB Papua Bakar Truk Perusahaan Kontraktor di Paniai, Ditengarai Uang Keamanan

Ada saksi yang melihat kedatangan sekelompok anggota KKB Papua dengan membawa senjata api dan senjata tajam ke lokasi kejadian.

Bid Humas Polda Papua
TEROR KKB - Satu unit teruk milik PT Putra Dewa Paniai yang dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Bidiba, Kabupaten Paniai, Papua, Jumat (19/8/2022) kemarin. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Satu unit truk milik PT Putra Dewa Paniai hangus dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua.

Pembakaran berlangsung pada Jumat (18/8/2022).

Diketahui, perusahaan kontraktor tersebut berada di lokasi kejadian untuk membangun Puskesmas Bibida.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa menduga KKB melakukan pembakaran karena keinginannya tidak dipenuhi pihak perusahaan.

Baca juga: 3 Jam Kontak Tembak Pecah di Intan Jaya, KKB Papua Bakar Sejumlah Bangunan: Dipimpin Undius Kogoya

“Motif pembakaran tersebut diketahui bahwa adanya pembicaraan antara pihak perusahaan dengan kelompok tersebut yang membahas tentang uang keamanan, namun tidak terealisasi hingga saat ini,” ujar Kamal, melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/8/2022).

Kamal menuturkan, ada saksi yang melihat kedatangan sekelompok orang dengan membawa senjata api dan senjata tajam ke lokasi kejadian.

Polisi memastikan para pelaku merupakan KKB Paniai.

“Saksi melihat sekelompok orang yang mendatangi proyek Puskesmas Bibida langsung melakukan pembakaran terhadap satu unit truk yang diketahui milik PT. Putra Dewa Paniai,” kata dia.

Selain itu, ada dugaan para pelaku juga dibantu oleh KKB asal Intan Jaya yang daerahnya berbatasan langsung dengan Paniai.

Baca juga: Dana Desa Dipakai Oknum ASN Sokong Amunisi KKB Papua, Irjen Mathius Fakhiri Surati Mendagri: Usut!

"Untuk dugaan sementara pembakaran tersebut dilakukan oleh kelompok KKB Paniai yang dipimpin Stefanus Kobogau dan Ayub Waker yang merupakan anggota KKB Kodap VIII Kemabu Kabupaten Intan Jaya," ungkap dia.

Kamal menyatakan, kasus pembakaran tersebut hingga saat ini masih diselidiki oleh Sat Reskrim Polres Paniai. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KKB Bakar Kendaraan Perusahaan Kontraktor di Paniai Papua",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved