Info Jayapura

ICW 2022 Sukses Digelar, Pemkot Jayapura Jadikan Taman Imbi sebagai Space Creative Center

Setelah Irian Creative Week (ICW) 2022 sukses dilaksanakan, Pemkot Jayapura komitmen menjadikan Taman Imbi sebagai Space Creative Center

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
JAYAPURA TERKINI - Pusat Kota Jayapura Taman Imbi yang akan dijadikan space creative center oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Senin (22/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Setelah Irian Creative Week (ICW) 2022 sukses dilaksanakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura komitmen menjadikan Taman Imbi sebagai Space Creative Center bagi para kawula muda.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Jayapura Matias Benoni Mano, kepada Tribun-Papua.com, di Jayapura, Senin (22/8/2022).

"Memang kita fokus untuk menjadikan Taman Imbi yakni titik nol kilometer Jayapura sebagai pusat ruang kreatif atau Space Creative Center," sebutnya.

Baca juga: Pemkot Jayapura Gelar Pawai Budaya dan Kendaraan Hias dari Koya Timur hingga Taman Imbi

Matias mengemukakan, Taman Imbi telah sejak lama menjadi lokasi tempat berkumpulnya anak muda untuk menyalurkan bakat, dan kreativitasnya.

"Untuk itu, melalui Space Creative Center diharapkan para anak muda di Kota Jayapura dapat memiliki ruang kreativitas yang memadai dan bebas mengekspresikan diri ke tempat itu," katanya.

 

 

Matia juga mengatakan, Jalan Irian dan Taman Imbi memiliki nilai sejarah, termasuk bangunan di sekitarnya yang telah ada dan memiliki ceritanya masing-masing.

"Untuk itu, kita ingin menghidupkan kembali Taman Imbi yang tak hanya berfungsi sebagai pusat kota, tetapi juga pusat kreativitas anak muda, dalam hal ini para seniman," tandasnya.

Baca juga: Pemkot Jayapura Gelar Irian Creative Week di Taman Imbi: Pesta Rakyat hingga Car Free Night

Sekadar diketahui, Taman Imbi yang berada tepat di jantung Kota Jayapura sejatinya menjadi satu tempat bersejarah.

Di lokasi yang menjadi titik nol ini berdiri patung Yos Sudarso yang merupakan saksi bisu perjuangan, saat masih bernama Irian Barat dulu.

Pada peristiwa bersejarah 1 Mei 1962, tak jauh dari lokasi taman ini, dikibarkan Bendera PBB, Bendera Indonesia dan Bendera Belanda yang mengawali perubahan kehidupan rakyat dan bangsa Melanesia di atas tanah yang kemudian disebut West Papua. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved