Papua Terkini

CATAT! Ini Harapan Pemprov Papua di Konas GMKI Tahun 2022

Pemprov Papua menilai pilihan pengurus Pusat GMKI melaksanaan Konas GMKI tahun 2022 di Provinsi Papua yang dipusatkan di Kota Jayapura adalah tepat.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua M Ridwan Rumasukun beberkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menilai pilihan pengurus Pusat GMKI untuk melaksanaan Konas GMKI tahun 2022 di Provinsi Papua yang dipusatkan di Kota Jayapura adalah keputusan yang tepat dan strategis. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menilai pilihan pengurus Pusat GMKI untuk melaksanaan Konas GMKI tahun 2022 di Provinsi Papua yang dipusatkan di Kota Jayapura adalah keputusan yang tepat dan strategis.

Hal itu disampaikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua M Ridwan Rumasukun, saat membuka kegiatan Konas GMKI di Auditorium Universitas Cenderawasih, Selasa (23/7/2022) Malam.

Baca juga: Kota Jayapura Tuan Rumah Konsultasi Nasional GMKI, Frans Pekey: Kami Menyambut Penuh Sukacita

"Kami Pemerintah Provinsi Papua menyambut baik. Pelaksanaan Konas GMKI yang diselenggarakan di Kota Jayapura Provinsi Papua," katanya.

Kata Sekda Ridwan, daerah dan masyarakat Papua saat ini berada dalam titik sentral pusaran politik Pemerintah Pusat.

 

 

"Pusaran politik yang dimaksudkan yakni untuk mendorong percepatan pembangunan daerah. Dalam rangka mengeleminir berbagai isu politik, pemerintahan, pembangunan, keamanan, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan di Papua," ujarnya.

Menurut Sekda Papua, setelah ditetapkannya UU Republik Indonesia atau UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsis Papua yang diikuti dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 106 dan PP Nomor 107 Tahun 2021, maka pada saat ini telah juga ditetapkan Undang-Undang tentang Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi sebagai daerah pemekaran Provinsi Papua yang meliputi Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

Baca juga: Rakornas GMKI di Kota Jayapura, BTM: Hadir 700 Pemuda Seluruh Indonesia

"Penetapan regulasi baru ini tentunya membutuhkan penanganan yang sistematis, strategis dan tepat agar tidak justru melahirkan permasalahan baru bagi proses penyelengaraan pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Tanah Papua," bebernya.

Sehubungan dengan itu, Pemprov Papua sangat berkepentingan dan berharap bahwa Konas GMKI Tahun 2022 dapat mengkontribusikan pemikiran strategis yang dapat disumbangkan kepada Pemerintah Provinsi Papua.

"Tentu saja pikiran dalam melaksanakan seluruh proses mewujudkan pelaksanaan regulasi-regulasi baru baru tersebut dan pengendalian dinamika sosial politik di Provinsi Papua," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved