Papua Terkini

Harap Papua Jadi Lumbung Singkong, Petani di Manokwari: Masih Menjadi Tanaman Selingan

Petani di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat mengungkapkan tanaman Singkong atau Kasbi masih menjadi tanaman selingan selama ini.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
TANGKAPAN LAYAR - Petani Singkong di Kabupaten Manokwari Solikin, dalam Webinar bertajuk Singkong (Kasbi) di Tanah Papua: Alternatif Lumbung Pangan? yang diikuti Tribun-Papua.com, Rabu (24/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Petani di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat mengungkapkan tanaman Singkong atau Kasbi masih menjadi tanaman selingan selama ini, bukan yang utama.

Hal tersebut disampaikan Petani Singkong di Kabupaten Manokwari, Solikin, dalam Webinar bertajuk Singkong (Kasbi) di Tanah Papua: Alternatif Lumbung Pangan? yang dikutip Tribun-Papua.com, Rabu (24/8/2022).

"Penanaman Singkong masih dijadikan para Petani di Manokwari sebagai tanaman selingan, sehingga ketersediaan Singkong masih belum optimal," sebutnya.

Baca juga: Papua Barat Disebut Memiliki Potensi Lahan yang Besar untuk Budidaya Singkong

Solikin membeberkan, penanaman Singkong masih dilakukan secara tradisional dan belum ada penerapan budidaya teknologi yang baik.

"Sehingga memang kendala dalam produksi adalah ketersediaan bahan baku yang belum ada secara kontinu dan kami terkendala minimnya sarana, terutama pengolahan Singkong menjadi Tapioka," katanya.

 

 

Dengan memperhatikan cuaca di Manokwari yang berubah-ubah dan tak menentu, sehingga dalam pengolahan Singkong menjadi Tapioka membutuhkan pengering.

"Karena sementara ini kami menggunakan pengering dengan oven sederhana yang dijemur di bawah sinar matahari," tuturnya.

Ke depan, pihaknya menginginkan adanya perhatian dalam hal masukkan terkait pbaruan teknologi untuk menunjang usaha yang dijalankannya.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 3 SD hALAMAN 30-36: Tentang Pengolahan Singkong

"Terkait potensi lahan yang luas di Manokwari, juga belum dimanfaatkan maksimal karena minimnya peralatan," katanya.

Sebagai perwakilan Petani Singkong di Manokwari, Solikin dan kawan-kawan berharap agar instansi terkait dapat memperhatikan hal tersebut.

"Mari lebih serius mengembangkan Singkong di Tanah Papua dan besar harapan Papua dapat menjadi lumbung Singkong untuk Nusantara dan berkontribusi dalam ketahanan pangan nasional," harap Solikin. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved