Info Merauke

Polisi Temukan Puluhan Proyektil di Kapal Calvin 02, Nelayan Merauke Tewas Ditembak Tentara PNG

Polisi menemukan proyektil di kapal nelayan Indonesia KMN Calvin 02, yang ditembak di perairan Australia oleh tentara Papua Nugini (PNG).

Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan didampingi Kasat Reskrim Polres Merauke AKP Najamuddin dan Kasat Polairud Polres Merauke AKP Okto Samosir saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Polisi menemukan proyektil di kapal nelayan Indonesia KMN Calvin 02, yang ditembak di perairan Australia oleh tentara Papua Nugini (PNG).

Proyektil itu ditemukan tim gabungan Polres Merauke.

Kapal nelayan asal Kabupaten Merauke, Papua itu menjadi korban penembakan di Perairan Pulau Turi, Papua Nugini (PNG), Senin (22/8/2022).

Baca juga: Nakhoda Kapal Asal Merauke Ditembak di Perairan Australia, Pelaku Diduga Tentara Perbatasan PNG

Tim Inafis Polres Merauke sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) KMN Calvin 02 yang sandar didermaga Pelabuhan Perikanan Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (23/8/2022).

"Hasil olah TKP kemarin oleh Inafis Polres Merauke, tembakan ada dari arah depan, arah samping kanan dan kiri (KMN Calvin 02, red)" kata Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (24/8/2022).

Dia menjelaskan, jumlah tembakan di kapal nelayan Merauke itu masih dalam pendataan, namun yang jelas banyak. 

"Kami masih dalam pendataan, belum pasti namun yang jelas jumlahnya banyak. Lebih dari 10 proyektilnya. Kami dapat dari dalam kapal," ungkapnya.

Baca juga: Pemprov Papua Minta Dubes RI Telusuri Keberadaan Dua Kapal Nelayan yang Ditahan Tentara PNG 

Setelah Inafis Polres Merauke rampung mendata, sambung AKBP Sandi Sultan, pihaknya akan merangkum dan akan melaporkan ke Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

Kapolres menjelaskan, bekas tembakan didapati diruang kemudi Nakhoda KMN Calvin 02 beserta sayap kiri, sayap kanan dan depan kapal.

Dikabarkan sebelumnya, nakhoda Kapal Kelvin 02 asal Merauke tewas ditembak saat sedang berlayar di perairan laut Australia, pada Senin (22/8/2022) siang.

Korban bernama Sugeng ditembak oleh tentara perbatasan Papua Nugini (PNG), saat hendak bertolak ke Merauke, Papua.

Kabar ini disampaikan oleh pihak keluarga, pemilik kapal dan anggota Satuan Polisi Air Kepolisian Resor Merauke.

Kapal nelayan itu lalu kembali ke Merauke, Papua, sambil membawa jenazah korban. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved