UMKM Kabupaten Jayapura

Harapan Bupati Jayapura kepada Pelaku UMKM, Mathius Awoitauw: Jaga Pola Ekonomi Rakyat

Saat ini dibutuhkan data yang akurat, sehingga saat mengalami kesulitan produksi atau kendala ada kerja sama, dan pemerintah daerah juga ikut terlibat

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PENGARAHAN - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw memberikan pengarahan dalam Focus Group Discussion (FGD) Peyusunan Informasi Pasar dan Potensi Kemitraan yang diharapkan dapat terkoneksi dan saling mendukung baik dari penerintah maupun antar pelaku usaha. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Perhatian terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus dilakukan Pemkab Jayapura, Provinsi Papua. Bahkan secara khusus Pemkab Jayapura menggelar Forum Group Discussion (FGD) yang membahas informasi pasar dan potensi kemitraan dalam menjaga stabilitas perekonomian dan pola ekonomi rakyat.

Binar Digital Papua Resmi di Luncurkan, Luhut: Harus Kolaborasi Majukan UMKM Papua

Hal itu dikatakan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam FGD yang dihadiri para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Jayapura, Kamsi (25/8/2022).

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura ini, keberadaan industri dalam pola peningkatan ekonomi rakyat di tengah perkembangan teknokogi hari ini sedang ditingkatkan.

"Hari ini sosilasi untuk menyusun informasi pasar dan kemitraan sangat membantu mempermudah konektivitas di antara pelaku ekonomi, industri kecil dan menengah dan jasa industei yang besar," ujarnya di Sentani, Distrik Sentani Kota, Kamis (25/8/2022).

Harapan Pemprov Papua di Acara Gernas BBI, Hegemur: Edukasi UMKM Menembus Pasar Global

Pelaku usaha, lanjut Bupati, hal ini dapat menjadi mitra yang baik dan mendukung satu sama lain. 

Koneksi antar pelaku usaha saat ini dibutuhkan data yang akurat, sehingga saat mengalami kesulitan dalam produksi atau kendala ada kerja sama, dan pemerintah daerah juga ikut terlibat.

"Hal ini akan menjadi satu gerakan bersama untuk jadi keluarga besar termasuk terhubung dalam pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat," katanya.

Revitalisasi Anjungan Papua di TMI Dilakukan Tiga Tahap, Kapisa: Nanti Disediakan Tempat UMKM

Fokus dari berbagai pihak bagi pelaku usaha, lanjutnya, harusnya terjadi efisiesni dan efektifitas dalam berbagai upaya sehingga dapat dipadukan.

Secara nasional industri kecil dan menengah menuju Indonesia Masa Depan. Menurutnya, sumber anggaran dari  Anngaran Pendapatan dan Belanja Daerah PBN dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara dapat memberikan perhatian.

Hal tersebut merupakan upaya untuk menjaga kekuatan ekonomi dalam hadapi krisis yang akan datang.

Meriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Pemprov Papua Gelar Hiburan Rakyat dan Bazar UMKM

"Hanya kita sendiri yang bisa bertahan tanpa bantuan pusat, karena itu dalam pertemuan ini memberikan dasar yang kuat, konektivitas, pola pendampingan untuk terus terarah,"ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah terus mendorong hak cipta kepada UMKM untuk produksi dapat diberikan hak paten.

"Bisa berhasil jika produksinya baru dan hebat, terimakasih kepada covid usaha kecil dan menengah dan pariwisata jadi andalan, yang dari kampung, ekonomi kreatif, tidak hanya menunggu pemerintah namun telah terkoneksi dengan siapa saja,"tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved