Info Jayapura

Ini Alasan Menkominfo Pilih Kota Jayapura sebagai Tuan Rumah Acara Bangga Buatan Indonesia

Kondisi tersebut menjadikan Papua menyimpan banyak potensi yang menjadi unggulan dalam bidang fesyen, kuliner, dan kriya

Tribun-Papua
DORONG UMKM - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menjelaskan komitmen pemerintah mendorong Usaha Mikro kecil Menengah/Ultra Mikro (UMKM/UMi) lokal Papua tumbuh dan berkembang dalam kegiatan Bangga Buatan Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah pusat berkomitmen mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah dan Ultra Mikro (UMKM/UMi) lokal Papua agar terus tumbuh dan berkembang, sekaligus menghadapi persaingan global.

Revitalisasi Anjungan Papua di TMI Dilakukan Tiga Tahap, Kapisa: Nanti Disediakan Tempat UMKM

Hal itu disampaikan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominnfo), Johnny G Plate, via virtual yang diikuti Tribun-Papua.com, Kamis (25/8/2022). Menurutnya, Tanah Papua yang membujur di kawasan paling timur Indonesia, dipandang menyimpan berbagai keindahan alam dan kekayaan budaya yang memesona.

"Kondisi tersebut menjadikan Papua menyimpan banyak potensi yang menjadi unggulan dalam bidang fesyen, kuliner, dan kriya," katanya.

Meriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Pemprov Papua Gelar Hiburan Rakyat dan Bazar UMKM

Oleh karena itu, lanjut Johnny, di tengah momentum pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai angka 5,44 persen (year on year/yoy) di kuartal dua tahun ini, UMKM/UMi perlu terus didorong pertumbuhannya.

Kondisi ini pulalah yang mendorong pemerintah memilih Kota Jayapura sebagai tuan rumah Puncak Bangga Buatan Indonesia bertajuk Binar Digital Papua.

Menteri Kominfo menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mendorong pelaku UMKM/UMi di Papua tetap adaptif di era pandemi saat ini.

Kunjungi Pengusaha Cokelat di Jayapura, Whatsapp Bisnis Dukung Digitalisasi 30 Juta UMKM hingga 2024

"Sejak Mei 2020, Bapak Presiden Joko Widodo meresmikan Gernas BBI yang merupakan wujud dukungan Pemerintah terhadap produk dalamnegeri, terkhusus produk-produk hasil UMKM/UMi agar mampu bersaing di masa pandemi COVID-19,"ucap Menkominfo.

Karena itulah, Menkominfo menegaskan Gernas BBI memiliki misi untuk mendorong penguatan branding dan pemanfaatan teknologi digital.

"Untuk itu kami mempunyai misi untuk dorong produk-produkartisan lokal, sekaligus mendorong konsumen untuk membeli produk-produk UMKM/UMi dalam negeri," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved