Kongres Masyarakat Adat

Pemkab Jayapura Rekrut 25 Pemuda Dilatih Jadi Jurnalis Masyarakat Adat

Kami perlu anak-anak muda setiap event Kongres Masyarakat Adat. Merekalah yang akan mempublikasikan seluruh kegiatan yang ada

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
JURNALIS WARGA - 25 pemuda asal Kabupaten Jayapura dilatih menjadi jurnalis masyarakat adat yang bertugas melakukan peliputan selama Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI), Kamis (25/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Guna mendukung publikasi Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI), panitia lokal membentuk jurnalis masyarakat adat dengan merekrut 25 pemuda yang secara khusus dilatih sebagai jurnalis, Kamis (25/8/2022).

Dua Kampung Adat di Kota Jayapura Siapkan Kerajinan Khas Papua saat Kongres Masyarakat Adat

25 pemuda tersebut berasal dari seluruh kampung yang ada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Mereka dilatih menjadi jurnalis masyarakat adat selama 2 hari di Kabupaten Jayapura.

Para calon jurnalis masyarakat adat itu bakal ditugaskan untuk mengawal seluruh aktivitas para tamu dan peserta Kongres Masyarakat Adat yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Termasuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan para peserta Kongres Masyarakat, seperti menghadiri sarasehan yang dilaksanakan di beberapa kampung adat, serta menghadiri festival maupun pameran UMKM, kerajinan dan kuliner khas Papua.

Ondofolo Merestui Panitia Kongres Masyarakat Adat Pakai Obhe untuk Sarasehan

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw selaku Ketua Umum Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI menyampaikan terima kasihnya kepada panitia lokal bidang komunikasi, informasi, dan publikasi yang melibatkan pemuda asli Papua untuk ambil bagian menjadi jurnalis masyarakat adat.

"Kami perlu anak-anak muda setiap event Kongres Masyarakat Adat. Merekalah yang akan mempublikasikan seluruh kegiatan yang ada, dan ini sangat luar biasa," kata Bupati Mathius Awoitauw Kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Peserta Kongres Masyarakat Adat Bawa Batu dan Tanah, Panitia: Mempererat Ikatan Budaya di Indonesia

Lebih lanjut dia mengatakan, 25 pemuda tersebut bakal bangga setelah melihat hasil karya mereka dipublish dan dibaca banyak orang.

Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Mathius Awoitauw berharap agar 25 jurnalis masyarakat adat tetap semangat dan membuktikan kepada semua orang bahwa kitorang itu ada. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved